Desa Sepanjang & Sumber Sewu Ikuti Lomba Desa Berseri Tingkat Provinsi

Rabu, 30 Mei 2012


BANYUWANGI – Pada hari Senin – Selasa ( 28 – 29/5)  lalu, Banyuwangi kedatangan tim penilai Evaluasi Desa Berseri  (Bersih dan Lestari) Tingkat Provinsi. Adalah suatu kebanggaan, dua desa di  Kabupaten Banyuwangi bisa mengikuti lomba yang pesertanya sebanyak 45 kabupaten ini. Kedua desa itu adalah Desa Sepanjang, Kecamatan Glenmore dan Desa Sumber  Sewu, Kecamatan Muncar. Kebetulan memang dari tiap kabupaten masing-masing diwakili dua desa.

Menurut keterangan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH), Drs Husnul Chotimah, kendati persiapannya hanya satu bulan, Husnul menilai mereka telah memberikan yang terbaik. Yang dinilai dalam lomba ini,terang  Husnul, antara lain potensi yang dimiliki desa tersebut, yang nantinya akan dijadikan percontohan bagi desa yang lain. Selain itu juga pemberdayaan kader lingkungannya dan kebersihan pada sektor industri, kesehatan, tempat umum, sekolah dan pertanian yang ada di  desa tersebut.

Dalam penilaian itu, tutur Husnul, Kepala Desa diminta untuk menjabarkan tentang profil desa. Sedangkan kader lingkungannya memaparkan inovasi yang telah dibuat. Husnul mencontohkan, Desa Sepanjang memiliki program inovasi berupa pemanfaatan limbah untuk pertanian. Yakni dengan memanfaatkan limbah rumah tangga seperti plastik, yang disulap menjadi polybag. Desa ini juga memiliki potensi yang layak jual, seperti  bunga seruni yang siap untuk diekspor. Sementara Desa Sumber Sewu fokus pada pemanfaatan kotoran ternak sapi  sebagai bio gas.

Husnul optimis, kedua desa ini bisa masuk nominasi. Namun Husnul menegaskan, juara bukanlah menjadi satu-satunya tujuan “Yang penting mereka menjadi warga yang mandiri dan selalu berinovasi untuk kemajuan desanya. Lebih baik lagi jika seluruh warga desa memiliki kepedulian yang tinggi pada lingkungan,” harapnya.(Humas & Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :