Di Tengah Gerimis, PNS Pemkab Banyuwangi Peringati Upacara HUT ke 73 RI dengan Khidmat

Jumat, 17 Agustus 2018


BANYUWANGI - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke 73 Republik Indonesia digelar di halaman Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jumat (14/8) pagi. Meski diwarnai turunnya gerimis, para PNS di lingkungan Pemkab Banyuwangi tetap mengikuti jalannya upacara dengan khidmat.

Upacara terasa mengharukan saat sang saka merah putih dikibarkan. Semua peserta terlihat larut. Sambil memberikan penghormatan, mereka sekaligus menghayati alunan musik Indonesia Raya yang dimainkan oleh Korps Musik (Korsik) Pemkab Banyuwangi. 

Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko selaku inspektur upacara mengajak seluruh peserta upacara untuk membangkitkan semangat perjuangan. Dengan memekikkan 'Merdeka' sebagai salam perjuangan, Yusuf mengajak semua pihak untuk bersama-sama merayakan peringatan kemerdekaan RI. 

"Tema peringatan proklamasi kemerdekaan RI tahun 2018 adalah energi dan kerja. 'Energi' diambil dari identitas Asian Games XVIII yakni Energy of Asia, karena Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah Asian Games. Sedangkan 'kerja' merupakan cerminan pemerintah selama 4 tahun terakhir untuk perubahan yang lebih baik," tutur Yusuf. 

Yusuf berharap, tema Energi dan Kerja dapat memberikan dampak kepada masyarakat Indonesia agar tercipta semangat dalam bekerja sama membangun negeri, dan semangat menjadi tuan rumah bagi dunia, atas penyelenggaraan Asian Games.

Yusuf juga meminta supaya momentum pelaksanaan apel kesadaran ini mampu menjadi landasan berpijak dan sumber motivasi untuk memperbaharui pola pikir dan perilaku sebagai aparatur pemerintah yang siap melayani, bukan untuk dilayani. 

"Ini saatnya kita bekerja dengan semangat sepenuh jiwa. Sesungguhnya pekerjaan kita belum selesai, belum apa-apa. Sebagai bangsa yang besar, kita pasti akan menghadapi tantangan-tantangan dan persoalan yang besar pula. Ayo kita siapkan diri untuk menghadapi semua tantangan dengan segenap kekuatan yang kita miliki," tandas Yusuf.

Terkait kemajuan yang kini dicapai Banyuwangi, Yusuf juga mengingatkan untuk terus merapatkan barisan membangun sinergi. "Beragam prestasi dan penghargaan tak boleh membuat kita berpuas diri. Sebaliknya, kita harus termotivasi untuk berkarya lebih baik lagi. Proses ini akan terus kita lanjutkan sebagai bagian dari ikhtiar kita untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," pungkasnya. (*)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :