Dinkes Pastikan Puskesmas Rusak Akan Diperbaiki Tahun Ini

Rabu, 6 Maret 2013


BANYUWANGI – Beberapa waktu lalu  diberitakan di salah satu  media, pelayanan kesehatan terhadap masyarakat di Kecamatan Tegaldlimo mengalami gangguan. Terganggunya layanan kesehatan itu disebabkan rusaknya gedung Puskesmas Tegaldlimo dan kendaraan Puskesmas Keliling (Pusling). Pengaduan  itu muncul setelah anggota DPRD melakukan kunjungan  ke daerah tersebut.

Menanggapi pemberitaan itu, Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyuwangi, dr. Widji Lestariono mengatakan, pihaknya memiliki mekanisme pembangunan atau perbaikan sarana dan prasarana yang ada di puskesmas. Demikian pula dengan Puskesmas Tegaldlimo. “Kami punya perencanaan atau pekerjaan yang akan dilaksanakan tahun 2013 ini. Dan itu mengacu  pada apa yang telah dilaksanakan pada tahun sebelumnya melalui musrenbang (musyawarah rencana pembangunan) atau DPA SKPD (Dokumen Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah),”jelas pria yang akrab disapa dr. Rio  ini.

Tahun ini, perbaikan gedung puskesmas,  puskesmas pembantu (pustu), pembangunan gedung layanan di puskesmas hingga pembangunan UGD akan direalisasikan. Menurutnya, usulan  perbaikan itu selain merupakan hasil keputusan musrenbang, juga merupakan usulan dari masyarakat .“Usulan  bottom up benar-benar kita perhatikan. Apalagi saat ini wadah untuk mengajukan usulan terbuka lebar,”tandasnya.

Terkait laporan rusaknya kendaraan Pusling, terang dr. Rio, Dinkes punya sumber dana lain dari DAK (Dana Alokasi Khusus) untuk menanggulangi permasalahan tersebut. Dinkes telah mengajukan untuk tahun 2014 akan ada pengadaan 8 unit kendaraan Pusling baru. Mengapa 8 unit? Sebab yang layak mendapatkan bantuan kendaraan Pusling baru tak hanya Puskesmas Tegaldlimo tapi juga Puskesmas lainnya yang Puslingnya juga tak layak pakai, seperti misalnya  Puskesmas Kedung Wungu.

Namun dr.Rio  menegaskan, sejauh ini tidak ada komplain dari masyarakat tentang pelayanan yang diberikan Puskesmas Tegaldlimo.  Meski gedungnya kurang representatif,ujar dr.Rio, pihaknya  memastikan layanan disana tetap berjalan dengan baik. “Kami belum mendengar ada keluhan yang signifikan, baik dari masyarakat maupun petugas kesehatan. Dan kami pastikan pula pelayanan tetap buka semaksimal mungkin,” pungkas dr. Rio.(Humas & Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :