Gali Informasi Pelayanan Kesehatan DPRD Lumajang Kunker ke Banyuwangi

Jumat, 27 April 2012


BANYUWANGI – Untuk menggali informasi seputar pelayanan kesehatan bagi masyarakat, rombongan Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lumajang melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi. Sebanyak 15 orang anggota komisi yang membidangi kesejahteraan masyarakat itu  diterima langsung oleh Asisten Administrasi Pembangunan dan Kesra, Suhartoyo dan Kepala Dinas Kesehatan, Hariadji Sugito di Aula Minak Jinggo, Jumat (27/4).

Menurut ketua rombongan Komisi D Lumajang Rudi Hartono, Kabupaten Banyuwangi dianggap memiliki program pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang lebih beragam hingga perlu untuk dipelajari dan ditiru. Terutama pelayanan kesehatan yang ditujukan bagi masyarakat miskin. “ Kami ingin mengetahui bagaimana pelayanan terhadap masyarakat miskin yang tidak tercover dalam Jamkesmas atau Jamkesda,” ungkap Rudi.

Menanggapi pertanyaan diatas,  Kepala Dinas kesehatan Hariadji mengungkapkan kalau selama ini Kabupaten Banyuwangi menggunakan dana talangan Rumah Sakit untuk membiayai  pengobatan masyarakat miskin yang tidak masuk program Jamkesmas dan Jamkesda. “ Untuk mengganti dana itu, kami menganggarkanya dalam PAK, sebab dana talangan itu tidak masuk dalam perhitungan APBD sebelumnya,” terang Hariadji.

Untuk tahun ini saja, lanjut Hariadji, sampai bulan April 2012 dana yang dipakai untuk menalangi warga miskin non Jamkesmas dan Jamkesda yang berobat di rumah sakit pemerintah mencapai Rp 3,5 miliar. “ Kita tidak mungkin menolak warga miskin yang sakit apalagi yang sakit parah tapi tidak memiliki Jamkesmas ataupun Jamkesda,” katanya.

Selain itu, Hariadji juga menyampaikan kalau Banyuwangi akan menerapkan program Jamkesmin (Jaminan Kesehatan Masyarakat Miskin) pada tahun depan. Program ini ditujukan bagi semua warga miskin yang belum tercover dalam Jamkesmas dan Jamkesda. Dana dari program ini murni berasal dari APBD Kabupaten Banyuwangi. “ Saat ini program tersebut dalam tahap  survei sasaran dan pencetakan kartu, insyaallah awal Januari 2013 program sudah bisa berjalan,” tutur Hariadji.

Sementara itu, pada sesi pembukaan Asisten Administrasi Pembangunan dan Kesra, Suhartoyo menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang besar atas kepercayaan Komisi D DPRD Lumajang yang telah memilih Kabupaten Banyuwangi sebagai jujugan kunjungan kerja. (Humas Protokol)

 



Berita Terkait

Bagikan Artikel :