Indofood Tertarik Industri Gula Kelapa Banyuwangi

Jumat, 16 Maret 2012


ROGOJAMPI –   PT Indofood Sukses Makmur Tbk  melakukan kunjungan ke Banyuwangi, Rabu (14/3). Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk  sharing dengan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pertambangan (Disperindagtam) kabupaten Banyuwangi dan PTP XII Kali Sepanjang Glenmore terkait tingginya permintaan terhadap gula kelapa non sulfit. Dua orang tengkulak gula kelapa berskala besar asal Srono dan Rogojampi juga dilibatkan dalam pertemuan ini.

David Ciptaharja, Kepala Agro Bussiness  Indofood mengatakan selama ini pihaknya memasok gula kelapa non sulfit dari Tasikmalaya, Sukabumi, Pacitan, Purwokerto dan Gombong. Namun karena permintaan pasar untuk memenuhi kebutuhan gula kelapa non sulfit saat ini begitu besar, Indofood ingin menjadikan  Banyuwangi sebagai rekanan. “Ke depan kami akan mengajak petani gula kelapa binaan Disperindag dan PTP XII untuk membuat gula kelapa non sulfit,” tuturnya. David juga memberi penjelasan pada tengkulak gula kelapa yang hadir tentang pentingnya gula kelapa yang sehat. Pihaknya berharap  para tengkulak hanya mau menerima gula kelapa yang non sulfit saja dari para petani gula kelapa. Indofood bersedia membeli gula kelapa non sulfit dari para tengkulak.

Kepala Disperindagtam, Ir Harry Cahyo Purnomo,Msi menyambut baik kunjungan dari Indofood ini. Pihaknya mengusulkan supaya tim Indofood, tim Disperindag dan tim PTP XII berkolaborasi dan menggandeng semua pelaku usaha termasuk para petani gula kelapa. Usulan tersebut disetujui oleh para pihak yang mengikuti pertemuan tersebut. Ke depan pertemuan akan semakin diintensifkan guna mempercepat kerjasama tersebut. Bahkan Indofood bersedia   memberikan paparan kepada para petani gula kelapa. Paparan tersebut  tentang pembuatan gula kelapa non sulfit dan  keberhasilan penerapan gula non sulfit di daerah lain sebagai pembanding bagi petani gula kelapa di Banyuwangi. Selain itu Indofood juga akan  membuatkan benchmark yang nantinya akan disodorkan pada Bupati Banyuwangi guna kesepakatan lebih lanjut.Pertemuan yang berlangsung di rumah makan Sea Food 58 Rogojampi ini juga dihadiri Sutrisno Wijaya selaku koordinator gula kelapa Indofood, R Slamet Ariyadi selaku perwakilan dari PTP XII Kali Sepanjang Glenmore serta Bambang Suherman dan Gede Griye  yang mewakili pelaku usaha gula kelapa.

Sebagaimana diketahui, Indofood sebagai  produsen bahan makanan yang cukup besar di Indonesia,  berusaha mengedepankan kualitas produk. Bahan baku yang bermutu dan bebas pengawet adalah bahan baku yang paling dicari oleh Indofood untuk mencapai kualitas terbaik. Demikian pula dengan gula kelapa non sulfit yang pasokannya begitu dibutuhkan Indofood sebagai salah satu bahan baku produknya. (Humas & Protokol)

 

 

 



Berita Terkait

Bagikan Artikel :