Kepala SKPD se Banyuwangi Tandatangani Pakta Integritas

Rabu, 11 April 2012


BANYUWANGI – Sebagai langkah nyata peran aktif pemberantasan korupsi di lingkungan birokrasi, seluruh kepala SKPD se Kabupaten Banyuwangi melakukan penandatanganan Pakta Integritas Tentang Pencegahan dan Pemberantasan  Korupsi, di Aula Rempeg Jogopati, Selasa (10/4). Penandatanganan tersebut disaksikan langsung oleh Bupati Abdullah Azwar Anas beserta Plt Sekretaris Kabupaten Slamet Kariyono.

Plt Sekkab Slamet Kariyono menyampaikan, tujuan kegiatan ini untuk memperkuat komitmen PNS dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi. “ Apa yang kita lakukan ini merupakan salah satu langkah aktif yang dilakukan oleh Pemkab Banyuwangi dalam menyukseskan pemberantasan korupsi di lingkungan birokrasi,” urai Sekkab. Penandatanganan Pakta Ingritas, imbuh Sekkab juga dilakukan serentak oleh seluruh PNS se Indonesia.

Sebelum penandatanganan, Inspektur Djafri Yusuf membacakan Pakta Integritas sekaligus mewakili penandatangan bersama Kepala Dinas Pendidikan, Sulihtiyono serta Camat Muncar, Isa Ansori. Dalam pembacaan tersebut,  Pakta Integritas antara lain berisi, PNS berperan secara pro aktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi, kolusi dan nepotisme. Tidak meminta atau menerima pemberian secara langsung atau tidak langsung berupa suap, hadiah, bantuan atau bentuk lainnya yang tidak sesuai ketentuan berlaku serta bersikap transparan, jujur, obyektif dan akuntabel dalam melaksanakan tugas.

Sementara itu Bupati Abdullah Azwar Anas berharap penandatanganan Pakta Integritas diwujudkan dengan menumbuhkan kejujuran serta meningkatkan efisiensi dalam bekerja. “ Dengan begitu maka setiap pekerjaan kita bisa terukur dan akuntabel,” kata Bupati.

Selain itu Bupati kembali mengingatkan agar semua SKPD senantiasa bekerja keras dalam membangun Banyuwangi. Terutama dengan kondisi wilayah Banyuwangi yang unik, memerlukan kerja cerdas dan terorganisir untuk mengejar ketertinggalan dari daerah lain yang lebih maju di Jawa Timur. “ Disparitas di wilayah kita masih sangat tinggi, baik disparitas antar wilayah maupun antara penduduk kaya dan miskin. Karena itu saya harap dengan segala keterbatasan kita,  SKPD mampu memberikan kinerja terbaik bagi Banyuwangi,” pinta Bupati.

Bupati juga menyampaikan akan memperbarui kontrak kerja dengan para Camat dan Kepala Desa pada peringatan Hari Kesadaran Nasional yang akan datang. Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan komitmen mereka dalam memajukan wilayahnya masing-masing. “ Karena Pemkab akan memberikan fasilitas kendaraan operasional bagi Kepala Desa dan Camat maka kinerja juga harus ditingkatkan,” Bupati mengingatkan. (Humas Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :