Kurangi Angka Kecelakaan, Polresta Banyuwangi Gelar Apel Pasukan ‘Operasi Keselamatan Semeru 2022'

Selasa, 1 Maret 2022


BANYUWANGI - Polresta Banyuwangi melaksanakan apel gelar pasukan operasi 'Keselamatan Semeru 2022' dalam rangka menciptakan kondisi keamanan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas. Ini difokuskan pada keselamatan lalu lintas dan penertiban kendaraan muatan berlebihan (overloading). 


Apel gelar pasukan dilaksanakan Selasa (1/3/2022) di halaman Mapolresta Banyuwangi. Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani hadir pula bersama anggota Forkopimda. Di antaranya Danlanal Banyuwangi, Letkol Laut (P) Ansori, Ketua Pengadilan Negeri Banyuwangi, Nova Flory Bunda serta Perwakilan Kodim dan Kejaksaan Negeri Banyuwangi.  


Apel yang dipimpin Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nasrun Pasaribu tersebut diikuti sejumlah personel gabungan TNI, Polri, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan. 


"Apel gelar pasukan ini untuk memberikan panduan kepada tim dan mengecek kesiapan sarana dan prasarana, serta personel yang dilibatkan," kata Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nasrun Pasaribu.


Ditambahkan Kapolresta, Operasi Keselamatan Semeru 2022 akan difokuskan pada antisipasi terhadap pelanggaran lalu lintas dan angkutan jalan, kecelakaan, kriminalitas, berbagai potensi konflik sosial serta ancaman terorisme. Tak hanya itu,  penertiban kendaraan muatan berlebihan (overloading) juga dilakukan karena membahayakan pengendara lain dan merusak jalan. 


"Berdasarkan operasi yang sama di tahun 2020 dan 2021, kecelakaan lalin mencapai 73 persen, dan pelanggaran naik hampir 100 persen. Ini menunjukkan kelalaian masyarakat di masa pandemi meningkat. Masyarakat lebih memperhatikan protokol kesehatan dibandingkan disiplin berlalu lintas, "ujarnya. 


Namun Kapolresta mengaku, dalam operasi tersebut protokol kesehatan tetap akan ditegakkan. "Kita juga akan tetap fokus pada 5M dan peningkatan vaksinasi," pungkasnya. (*)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :