Lemuru Langka, Komisi IV DPR RI Datangi Muncar

Senin, 28 Mei 2012


BANYUWANGI – Kesulitan nelayan Muncar untuk mendapatkan ikan di perairan Selat Bali mendapatkan perhatian khusus dari Komisi IV DPR RI. Hal ini ditunjukkan dengan kedatangan rombongan Komisi IV DPR RI untuk menemui para nelayan secara langsung di wilayah Muncar, Jumat lalu (25/5). Bertempat di aula PT Avila Prima Intra Makmur, enam belas orang anggota DPR RI itu melakukan tatap muka langsung dengan para nelayan Muncar.

Menurut Ketua Tim Ibnu Multazam, kedatangannya bersama rombongan Komisi IV DPR RI yang membidangi  kelautan dan  perikanan karena adanya fakta kelangkaan populasi ikan lemuru di perairan selat Bali sejak dua tahun terakhir. Padahal selat Bali yang menjadi daerah tangkapan nelayan Muncar, merupakan penghasil ikan lemuru nomor satu di Indonesia. “ Karena itulah kami ingin mendengar langsung masalah apa saja yang dihadapi oleh para nelayan untuk nantinya dicarikan jalan keluar,” ungkap Ibnu.

Apa yang disampaikan ketua tim rombongan dari fraksi PKB itu langsung mendapat tanggapan dari para nelayan. Salah satunya adalah As’ad Basri. As’ad menyampaikan beberapa  penyebab terjadinya kelangkaan ikan di Selat Bali. Diantaranya , terjadinya over fishing dan rusaknya terumbu karang. Meski demikian As’ad meminta agar pemerintah melakukan penelitian secara ilmiah untuk mengungkap apa yang menjadi penyebab hilangnya ikan. “ Kalau penyebabnya jelas, pemerintah kan bisa mengambil langkah tepat untuk jalan keluarnya,” terang As’ad.

Selain As’ad, ada Yudianto dari KSU Nelayan Sinar Samudra yang juga menyampaikan uneg-unegnya. Salah satunya, masalah pelarangan penggunaan bahan berbahaya. Yudianto,  meminta agar ada payung hukum yang jelas tentang pelarangan penggunaan bahan berbahaya dalam menangkap ikan. Sebab selama ini, jika hanya sesama nelayan yang mengingatkan, tidak pernah digubris. “ Saat ini masih ada nelayan yang menggunakan bom untuk menangkap ikan, ini jelas - jelas merusak terumbu karang, kami minta ada pengawasan yang kuat akan hal ini,” pinta Yudianto.

Selain itu Yudianto juga meminta agar pemerintah memberi edukasi pada nelayan tentang penangkapan ikan yang benar. Terakhir ia berharap agar para anggota DPR RI tersebut menyampaikan aspirasi para nelayan kepada pemerintah pusat dan menindak lanjuti dengan kebijakan yang nyata.Pada kesempatan itu, dari Pemkab Banyuwangi hadir Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Ir Pudjo Hartanto serta  Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Ir Hary Cahyo Purnomo. (Humas Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :