Mei Besok, Puskesmas Berbasis Dokter Keluarga Siap Layani Pasien

Kamis, 12 April 2012


BANYUWANGI – Akhirnya terwujud juga keinginan Bupati Abdullah Azwar Anas untuk menjadikan Banyuwangi sebagai pilot project di Indonesia dengan adanya dokter keluarga bagi peserta Askes yang ada di pelosok desa. Karena, hari Rabu (9/4) Kepala PT Askes Jawa Timur, dr Muhammad Edison, MM AAK datang ke Banyuwangi guna menerapkan uji coba Puskesmas Berbasis Dokter Keluarga yang akan ditempatkan di 8 puskesmas.

Kedatangannya ini diterima langsung Bupati Anas di ruang kerjanya, didampingi Kepala PT Askes Cabang Banyuwangi, Soemarten dan Kepala Dinas Kesehatan, Hariaji, SKm. Dalam paparannya kepada Bupati, Edison menyatakan, pertama pihaknya telah siap menempatkan dokter keluarga di 8 puskesmas. Masing-masing, Puskesmas Mojopanggung (Giri), Gitik (Rogojampi),Singojuruh, Sempu, Sepanjang (Glenmore), Tegaldlimo, Sambirejo, dan Puskesmas Pesanggaran. Yang Kedua, PT Askes melalui CRS (Corporate Social Responsibility) siap akan membangun Rumah Sehat di Banyuwangi sebanyak 100 unit yang diperuntukkan bagi 100 Rumah Tangga Miskin (RTM), dengan unit cost @ Rp 5 juta, yang dibangun di dua kecamatan, Banyuwangi dan Giri.

 Dokter keluarga ini, kata Edison, sementara hanya akan melayani peserta Askes dulu, dengan layanan sesuai standar dokter dengan waktu jam dinas puskesmas dan sore hari di puskesmas.“Tapi tidak menutup kemungkinan, dokter keluarga juga akan fleksibel. Artinya, kalau ada pasien lansia atau yang urgent juga akan dilayani meski bukan peserta Askes,” terang Edison.  

Sementara itu, Hariaji menambahkan, untuk praktek dokter keluarga ini akan dimulai insyalloh Mei 2012 ini, dengan jumlah peserta 12.264 yang tersebar di 8 Puskesmas. Dari 8 puskesmas yang dijadikan tempat praktek dokter keluarga tersebut, semauanya telah siap. Misalnya, ruang tunggu yang disiapkan untuk pasien dan ruang periksa juga telah ada. “Memang dari 8 puskesmas yanga dijadikan praktek dokter keluarga, rata-rata puskesmas yang memiliki ruang rawat inap,” jelas Hariaji. (Humas dan Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :