Sarasehan Tekankan Peran Penting Budayawan dan Seniman

Minggu, 17 Juni 2012


Banyuwangi – Seniman dan budayawan merupakan elemen penting yang dapat membangun bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik. Khususnya seniman dan budayawan yang ada di Banyuwangi, seperti yang disampaikan pada sarasehan wawasan kebangsaan di hotel Ikhtiar Surya, Kecamatan Giri (16/6). Sarasehan yang digagas Badan Kesatuan Bangsa dan  Politik  (Bakesbangpol) Kabupaten Banyuwangi tersebut, dihadiri puluhan seniman dan budayawan di Banyuwangi.

Pada sarasehan tersebut narasumber, Prof. Ayu Sutarto mengharapkan seniman dan budayawan menjadi komponen penting untuk membudayakan perilaku baik dan menciptakan pikiran positif di masyarakat.

Menurut Sutarto, seniman dan budayawan tidak hanya bertugas menjaga dan melestarikan adat seni budaya warisan leluhur. “ Tugasnya lebih dari itu, menciptakan budaya – budaya apapun yang baik sehingga wajah Banyuwangi terlihat baik, “ jelas Sutarto. “ Dan jangan lupa jika Banyuwangi baik, tidak menutup kemungkinan Indonesia juga menjadi baik “ tegasnya.

Selain itu kata sutarto, dalam sarasehan ini terdapat dua hal penting yang perlu di tekankan dalam menjaga budaya lokal Banyuwangi yakni rukun dan malu. “ jika kita memiliki rasa rukun dan malu dijamin semuanya aman, dua hal itu lah yang mendasari prilaku dan fikiran yang baik “ katanya.

Sementara itu Pelaksana Harian (PlH) Kepala Bakesbangpol Banyuwangi, Sukimin menjelaskan tujuan acara ini guna menggugah kembali masyarakat untuk bersama membangun Banyuwangi dan Indonesia pada umumnya melalui budaya perilaku dan pikiran yang positif. “ Kami berharap segala problem yang melanda saat ini cepat berakhir, dengan sikap dan cara berpikir kita yang baik,“ harapnya. ( Humas & Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :