Akhir April, Pelabuhan Ketapang Siap Periksa KTP

Kamis, 19 April 2012


BANYUWANGI – Akhir bulan April ini, Kabupaten Banyuwangi akan  memberlakukan pemeriksaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) khusus bagi para pendatang yang masuk melalui Pelabuhan Ketapang. Karena, Kabupaten Banyuwangi ditengarai sering menjadi jujugan orang-orang yang tidak beridentitas sehingga bisa merehakan masyarakat. Hal itu disampaikan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Drs Choirul Ustadi di Pelabuhan Ketapang, saat menghadiri sosisalisasi kenaikan tarif penyebrangan Rabu (18/4).

Pemeriksaan KTP ini, kata Ustadi, dilakukan untuk mencegah hal-hal yang ditidak dinginkan di Banyuwangi sekaligus meningkatkan keamanan dan kenyamanan  di wilayah Bumi Blambangan. Apalagi, Pelabuhan Ketapang saat ini bukan hanya menjadi pintu masuk bagi pendatang saja, namun juga menjadi jujugan orang-orang yang tidak memiliki identitas jelas. "Untuk itu kami sebagai aparat pemerintah yang bertindak sebagai ketertiban wajib mengamankan. Salah satunya dengan pemeriksaan KPT ini,” jelas Ustadi.

Pemeriksaan KTP ini, lanjut Ustadi akan dilakukan oleh anggota Satpol PP yang langsung sebagai operator. Selanjutnya, untuk  pengawasan akan didukung oleh pihak PT. ASDP Cabang Banyuwangi serta pihak Kepolisian KP3 Pelabuhan Ketapang. “ Saat ini kami sedang mempersiapkan personil Satpol PP yang akan menjadi petugas pemeriksa KTP,  insyaallah  akhir bulan April ini sudah bisa berfungsi, ” ungkap Ustadi. (Humas Protokol



Berita Terkait

Bagikan Artikel :