Peringati HKP Ke-40, Dispertahutbun Gelar Kontes Durian, Pisang Ambon dan Kepok Merah

Jumat, 4 Mei 2012


BANYUWANGI – Dinas Pertanian Kehutanan dan Perkebunan (Dispertahutbun) Kabupaten Banyuwangi , menggelar  kontes durian, pisang ambon dan pisang kepok merah dalam rangka memperingati Hari Krida Pertanian (HKP) ke-40, tanggal 2 – 3/5  kemarin. Menariknya lagi, dalam acara ini juga ditampilkan  gelar produk unggulan dari 24 kecamatan di Banyuwangi.

Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko yang hadir sekaligus membuka acara menyampaikan selamat dan penghargaan yang setingi-tingginya kepada seluruh insan pertanian. Karena berkat kerja keras mereka,ujar Wabup,  berbagai bahan makanan pokok, buah, sayur dan aneka macam hasil pertanian lainnya dapat tercukupi sepanjang tahun. Selanjutnya Wabup berpesan, untuk mengatasi krisis pangan, segenap insan pertanian perlu menjaga dan memperkuat kemandirian, karena itu adalah kunci untuk bisa mencapai kemajuan. Selain itu Wabup juga berharap mereka memiliki daya saing yang tinggi, include didalamnya kemampuan untuk berinovasi dan produktif, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, cerdas mengambil peluang dan berani menghadapi perubahan.

Senada dengan yang disampaikan Wabup. Kepala Dispertahutbun, Ikrori Hudanto, mengatakan momen ini menjadi istimewa bagi para insan pertanian, karena selain bisa mempererat jalinan silaturrahim, disini juga menjadi ajang mempromosikan produk-produk pertanian, baik  berupa tanaman pangan, hortikultura, perkebunan maupun kehutanan. Selain itu juga memungkinkan terciptanya peluang bisnis melalui stand- stand pasar murah yang menjual aneka produk pangan.

Acara semakin meriah dengan pemberian hadiah bagi para pemenang kontes. Juara I kontes durian diraih oleh Rohim dari kecamatan Kalipuro. Juara I kontes pisang ambon dan juara I kontes pisang kepok merah masing-masing diraih oleh H Suwarno Ilyas dari kecamatan Purwoharjo dan Fatkhurrozi dari kecamatan Muncar. Selain itu juga ada penyerahan bantuan kepada kelompok tani yang senantiasa bergiat meningkatkan produksi taninya melalui berbagai inovasi. Acara diakhiri dengan pelepasan perdana 1 container (20 ton)  semangka milik  kelompok tani Bina Usaha Tani Kecamatan Banyuwangi untuk diekspor ke Singapura.

 Wabup yang dalam kesempatan itu juga didampingi oleh Plt Sekkab, Ketua PKK Ny Dani Azwar Anas, Ketua GOW, Ketua Dharma Wanita, Kepala Cabang Bank Jatim, dan Asisten Pemerintahan, menyempatkan diri untuk meninjau gelar produk unggulan dari  tiap kecamatan. Produk unggulan tersebut berupa   sayuran, buah-buahan, bahan makanan pokok seperti beras, beras merah dan kedelai. Ada pula stand yang menjual madu, gula merah non sulfit, makanan khas Banyuwangi,  dan  produk olahan dari buah seperti juice jagung manis. (Humas & Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :