Peringati HUT Ke-16, Lansia Buktikan Semangatnya Tak Kalah Dengan Generasi Muda

Rabu, 30 Mei 2012


PURWOHARJO – Dalam rangka HUT Lansia (Lanjut Usia) yang ke-16, Kecamatan Purwoharjo menggelar Gebyar Lansia, Selasa (30/5).Bertempat di halaman Puskesmas Grajagan, peringatan  yang disinergikan dengan program Anak Tokcer (Anak Tumbuh Optimal Berkualitas dan Cerdas)  dan Harga Pas ( Harapan Keluarga Peduli Anak sejak Dini) ini dimeriahkan  oleh  partisipasi 300 orang lansia dan 600 siswa Taman Kanak-kanak (TK) se Kecamatan Purwoharjo.Meski telah berusia senja, semangat para lansia tidak jauh berbeda dengan semangat para siswa TK yang mengikuti kegiatan tersebut. Itu tercermin dari teriakan-teriakan mereka yang penuh semangat ketika mengikuti senam lansia.Sementara itu, anak-anak TK juga menikmati  minum susu bersama.

Melihat  para lansia dan anak-anak TK  yang sejak awal  terus bersemangat, Ny Fiestiandani Azwar Anas atau akrab disapa Ny Dani yang membuka acara tersebut, menyambutnya dengan tak kalah semangat.”Saya sangat mengapresiasi para lansia yang hari ini membuktikan semangatnya tidak kalah dengan yang muda-muda,” tandas Ny Dani. Kepada para lansia yang rata-rata berusia 60 tahun keatas itu, Ny Dani berpesan agar mereka saling mensupport satu sama lain dan  saling berbagi karena tidak semua lansia memperoleh perhatian yang baik dari keluarganya.

Sementara itu, Camat Purwoharjo, Zen Kostolani, mengungkapkan kebahagiaannya lantaran para lansia di Kecamatan Purwoharjo adalah lansia yang mandiri. “Mereka bisa hadir sebanyak ini karena saling gethok tular satu sama lain,” ungkapnya.Mereka juga berkomitmen untuk memberikan keteladanan kepada keluarganya. Bentuk keteladanan itu, ujar Zen, diantaranya menasihatkan pada anaknya untuk tidak menikah terlalu muda. Kemudian bagi yang sudah menikah dan hamil, agar rutin memeriksakan kehamilannya. Selain itu juga bagi bayi yang dilahirkan supaya diberi ASI ekslusif, rutin diperiksakan ke Posyandu dan diberikan lingkungan keluarga yang nyaman dan sehat.

Acara ditutup dengan penanaman pohon trembesi secara simbolis dan  penandatanganan ikrar lansia, yang isinya antara lain berkomitmen untuk berperan aktif mendukung program Anak Tokcer dan Harga Pas. Lansia juga menyatakan  siap menjadi penyemangat generasi muda agar selalu berkreasi dan berinovasi sesuai tuntutan zaman.(Humas & Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :