Semua Pejabat Pemkab Segera Ikuti Pelatihan ESQ

Senin, 16 April 2012


BANYUWANGI – upaya pembentukan karakter di tubuh birokrat terus dilakukan oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Setelah seluruh PNS secara massal menandatangani Pakta Integritas tidak akan melakukan KKN pada minggu lalu, kali ini para jajaran aparat sipil tersebut akan dibekali pelatihan ESQ. Dengan harapan agar kualitas mental dan spiritual para abdi negara tersebut meningkat.

Hal itu diungkapkan oleh Bupati Abdullah Azwar Anas saat menandatangani nota kesepahaman Sinergi Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan ESQ dengan ESQ Leadership Center di Granada Ballroom Menara 156 Jakarta, Minggu (15/4). Bupati Anas menjelaskan bahwa Pemkab Banyuwangi berinisiatif mengadakan pelatihan ESQ ini bagi seluruh jajarannya agar memiliki pribadi yang berkarakter tangguh. Karena, imbuhnya, PNS harus mempunyai semangat untuk terus meningkatkan pelayanan publik dengan cara mensinergikan unsur EQ (Emotional Quotient), SQ (Spiritual Quotient) dan IQ (Intelligence  Quotient). “Saya ingin setelah mengikuti training ESQ, semua birokrat tumbuh motivasi baru untuk selalu berprestasi di setiap kehidupannya, terutama di tempat kerja,” harap Bupati Anas saat membuka pelatihan ESQ  di Banyuwangi akhir Maret lalu. 

Nota kesepahaman (MoU) tersebut langsung ditandatangani oleh pimpinan PT Arga Bangun Bangsa yang membawahi ESQ Leadership Center, Dr. Ary Ginanjar Agustien di hadapan ratusan peserta pelatihan dan alumnus ESQ se-Indonesia.

Ditambahkan Bupati Anas, secara bertahap seluruh pejabat struktural akan diikutkan pelatihan ESQ. Sejauh ini, pelatihan ESQ di Banyuwangi baru diadakan dua kali yang diikuti oleh pejabat eselon 2 dan eselon 3. “Nantinya, semua kepala desa dan lurah juga akan kami ikutkan pelatihan ESQ ini,” ujar Bupati Anas. Selain itu, bagi pejabat yang telah mengikuti ESQ basic, secara bertahap akan diikutkan pelatihan ESQ tingkat berikutnya. (humas protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :