SIAP Online, Mudahkan Akses Layanan Pendidikan Di Banyuwangi

Senin, 12 Maret 2012


BANYUWANGI – Satu lagi program Dinas Pendidikan (Dispendik) yang berbasis Informasi Tekologi (IT), yakni sistem informasi manajemen berbasis online, yang diberi nama SIAP. Mungkin orang bertanya apa SIAP itu? Menurut Kepala Dispendik Drs Sulihtiyono, SIAP adalah sebuah layanan online yang dirancang khusus untuk memudahkan pengguna dalam mengelola dan mengakses administrasi akademik ke semua lini pendidikan secara online.

SIAP online kata Kadispendik ini, hadir untuk memadukan beragam sistem dan aplikasi online yang dibutuhkan sekolah, guru, siswa hingga orangtua/wali siswa. SIAP juga mampu mengelola data dan informasi pendidikan dengan lebih cepat, mudah, akurat, terpadu dan berkesinambungan mulai dari tingkat sekolah, dinas pendidikan kabupaten, propinsi hingga pusat. “Dengan kemudahan yang diberikan, akan mempersingkat waktu yang diperlukan untuk pengelolaan data-data akademik sehingga pekerjaan-pekerjaan dapat dilakukan dengan efektif dan efisien,” tutur Sulihtiyono.  

Tidak berlebihan, kata Sulih, jika SIAP online dibuat secara berkesinambungan mulai SIAP SekolahSIAP Dinas, SIAP PSB, SIAP Siswa, SIAP Guru dan SIAP Ortu, sehingga semua rantai yang berbasis pendidikan akan bersama-sama mengaplikasikan program SIAP ini. Untuk SIAP SEKOLAH, lanjut Sulih, memiliki arti sebuah layanan online yang dirancang khusus untuk memudahkan pengguna dalam mengelola dan mengakses administrasi akademik sekolah secara online. Seperti absensi siswa, penjadwalan mata pelajaran, laporan hasil belajar (raport), pengelolaan data guru, dan laporan sekolah yang sesuai dengan standar nasional. “Layanan ini juga berfungsi sebagai sistem pendukung keputusan pendidikan dan analisis data,” ujar Kadispendik.  

Yang kedua, SIAP DINAS. SIAP Dinas disiapkan untuk dapat memberikan pelayanan aplikasi dalam mengelola program-program pendidikan nasional secara terpadu dan online. Seperti, aplikasi distribusi Bantuan Operasional Sekolah – Siswa (BOS Siswa), BOS Buku, Rehab Sekolah, dan program lainnya sesuai dengan aturan skala nasional atau yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud.

Yang ketiga, SIAP PSB Real Time Online, merupakan sistem yang dirancang untuk melakukan otomatisasi seleksi penerimaan siswa baru (PSB) atau yang disebut Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)  mulai dari proses pendaftaran hingga pengumuman hasil seleksi. “Semua itu dilakukan secara online dan berbasis waktu nyata (realtime),” tuturnya. Yang keempat, SIAP Siswa, yang dirancang khusus untuk memudahkan para siswa mengakses data dan informasi akademik mereka secara online. Seperti, absensi siswa, penilaian (rapor) siswa, laporan pekerjaan rumah, download materi ajar, tes ujian online, komunikasi / jejaring sosial antar siswa hingga konsultasi interaktif secara online dengan para guru di sekolah.

Yang kelima, SIAP Guru, merupakan SIAP online yang diaplikasikan untuk memahami permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam melakukan administrasi dan memonitoring prestasi akademik siswa. Misalnya, untuk mengatasi permasalahan siswa. Termasuk membantu seluruh tugas guru seperti melakukan penilaian, memantau perkembangan siswa dengan cara melihat dan mengunduh laporan yang dapat dilakukan hanya dengan berbekal perangkat komputer atau laptop serta dapat dilakukan di mana saja. “Kami memahami, tidak semua guru memiliki pengetahuan teknologi informasi sampai tingkatan mahir (advance), cukup dengan memiliki pengetahuan akan teknologi informasi tingkat dasar (basic) seperti dapat melakukan browsing dan menggunakan aplikasi-aplikasi pengolah kata (Ms Word, Ms Excel, Open Office dan lain sebagainya) maka SIAP Guru telah dapat digunakan,” papar Kadispendik.

Selain kegiatan pendidikan yang dilakukan di sekolah, peran aktif orang tua merupakan sebuah kunci bagi suksesnya pendidikan siswa. SIAP ORTU (Orang Tua), yang dirancang khusus untuk memudahkan para orangtua/wali siswa mengakses data dan informasi akademik para putra-putri mereka secara online, seperti absensi siswa, penilaian (rapor) siswa, laporan pekerjaan rumah, download materi ajar, komunikasi / jejaring sosial antar orangtua siswa. (Humas dan Protokol)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Berita Terkait

Bagikan Artikel :