Sistem Tanam Padi Jajar Legowo, Terbukti Ampuh Mengusir Wereng dan meningkatkan hasil panen

Jumat, 4 Mei 2012


Setelah panen raya tahun – tahun sebelumnya sempat gagal akibat serangan hama wereng dan kurang tepatnya sistem tanam yang digunakan, kini para petani di Desa Ketapang Kecamatan Kalipuro patut berbangga, karena hasil panen pada tahun ini meningkat hingga 75 kwintal perhektarnya. Keberhasilan tersebut merupakan hasil kerja keras para petani dengan menerapkan sistem tanam jajar legowo. Metode penanaman tersebut dengan memberikan jarak 20 cm (antar barisan dan pada barisan tengah) , 10 cm (barisan pinggir), 40 cm (barisan kosong).  Manfaat dari sistem tanam tersebut dapat meningkatkan hasil panen hingga tiga puluh persen, memudahkan pengendalian populasi hama, menghemat pemakaian pupuk, dan memudahkan tanaman menerima sinar matahari sehingga dapat meningkatkan kualitas hasil panen.

Dengan capaian tersebut Bupati Azwar Anas mengapresiasi kerja keras para petani dan pihak – pihak terkait sehingga dapat meningkatkan hasil panen raya tahun ini. “ padahal tahun lalu serangan wereng dimana – mana apa lagi disini tanahnya kering, namun dengan kerja keras petani dan penyuluh pertanian dari dinas pertanian juga pihak swasta sebagai penjual obat tanaman, panen raya bisa dilakukan dan meningkat “ ujar Bupati dalam sambutannya pada acara panen raya di Desa Ketapang Kecamatan Kalipuro (5/4). Untuk lebih meningkatkan jumlah produksi dan menekan angka gagal panen, Pemkab menyiapkan anggran tujuh belas miliar rupiah dalam perubahan anggaran keuangan (PAK) tahun 2012. “ saya minta pada kepala Dinas Pertanian menganggarkan dalam PAK 2012 untuk bibit, pupuk, dan obat pertanian “ kata Bupati.

Sementara itu ketua gabungan kelompok tani Kalipuro, Hariono mengatakan lahan sawah yang menggunakan sistem jajar legowo dan siap di panen pada tahun ini seluas 93 hektar. “ Hasil per hektarnya hingga 75 kwintal, jadi hasil panen raya tahun ini sekitar 697 ton “ ujarnya. Selain itu kata Hari, sistem tanam jajar legowo lebih ampuh untuk mengurangi populasi hama wereng dan tanaman padi dapat menerima sinar matahari dengan baik. “ Setelah sering diserang hama dan gagal panen, akhirnya kita terapkan sistem tanam jajar legowo dan itu terbukti petani di desa Ketapang bisa panen raya pada tahun ini “ katanya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Abdullah Azwar Anas bersama Komandan Kodim 0825 serta di dampingi pejabat teras pemkab dan Muspika Kalipuro. Seperti dalam acara sebelumnya Bupati mentradisikan memberikan santunan kepada anak yatim piatu, pada kesempatan ini Bupati memberika santunan kepada anak – anak yatim piatu para buruh tani di desa Ketapang. Acara diakhiri dengan peninjauan lahan sawah yang siap panen serta pemotongan pertama hasil panen oleh Bupati Anas. (Humas & Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :