Tahun 2012, Sentralkan Pelayanan Publik di Kantor Baru

Jumat, 6 Januari 2012


BANYUWANGI – Guna memudahkan pemberian layanan kepada masyarakat secara maksimal , pemerintah Kabupaten Banyuwangi pada Tahun 2012 ini berencana menjadikan satu seluruh kantor dan dinas yang tersentral di Kantor Pemkab, Jalan A Yani 100 Banyuwangi. Menariknya dalam desainnya kantor pemkab akan dibuat layaknya perkantoran moderen dikota-kota terkemuka, dimana  gedungnya direncanakan  berlantai tiga. Sedangkan pembangunan kantornya rencananya mulai dikerjakan tahun 2012 ini.

Hebatnya lagi, rencana pembangunan gedung kantor ini tidak hanya menjadi ide tunggal pemerintah, melainkan ide bersama, antara Bupati dan stafnya. Terbukti, kemarin  Kamis (5/1) Bupati Abdullah Azwar Anas, menghadirkan arsitek dari Jakarta untuk memaparkan desain kantor pemkab yang baru,  sekaligus mengundang seluruh stafnya untuk ikut memberikan usul dan saran terkait desain interiornya. “Ayo silahkan memberikan saran atau usul, karena yang menempati kantor ini nanti panjenengan semua. Jangan sampai nanti sudah jadi ,  terasa tidak nyaman. Ini gunanya panjenengan saya undang semua  untuk menyaksikan desain final,” kelakar Bupati Anas tatkala membuka paparan ini.

Ternyata  memang ampuh ide Bupati Anas yang memberikan ruang kepada staf untuk sumbang saran. Nyaris semua memberikan ide yang cukup memberikan inovasi terkait desainnya. Bukan itu saja, tokoh masyarakat juga hadir, yang tak lain General Manager Radar Banyuwangi, Choliq Baya juga ikut mendengarkan paparan. Waktu dua jam belum cukup untuk keseriusan menuntaskan desain kantor baru pemkab ini, karena membutuhkan perhitungan yang matang. Karena itu, Bupati Anas mempersilahkan tim teknis untuk menghitung secara matang dan detail terkait pembangunan kantor ini. Mulai jumlah personel yang akan menempati kantor hingga jumlah tempat parkir dan ruang terbuka publik harus dihitung secermat mungkin. “Saya berharap secepatnya dibahas dengan Dinas Tata Ruang untuk dihitung secermat mungkin. Insyalloh kita akan bisa selesaikan pembangunan kantor ini dalam satu tahun. Sehingga pelayanan publik bisa maksimal. Karena kalau kantor tersentral akan lebih cepat dan mudah mengaksesnya,” tutur Bupati Anas.

Saat ini kantor pemkab hanya diisi sebagai kantor Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi, Kantor Sekretaris Daerah yang membawahi enam bagian serta Kantor Bappeda. Praktis dengan rencana pembangunan kantor baru ini, bangunan pemkab akan berubah wajah dan jumlah kantornya.  (Humas dan Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :