Bupati Optimis Pertumbuhan Ekonomi Banyuwangi Capai 6,4 Persen

Rabu, 21 Maret 2012


BANYUWANGI – Meski perekonomian global tengah berada dalam situasi sulit ditambah adanya kebijakan kenaikan BBM dari pemerintah pusat, namun Pemkab  Banyuwangi optimistis pertumbuhan ekonomi sebesar 6,4 persen bisa tercapai di 2013. Upaya yang dilakukan untuk merealisasikan hal tersebut antara lain dengan memperkuat daya beli masyarakat dan meningkatkan investasi. Hal tersebut diungkapkan Bupati Abdullah Azwar Anas saat membuka Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) Kabupaten Banyuwangi, di Pendopo Sabha Swagata, Selasa, (20/3).

Salah satu cara memperkuat daya beli masyarakat, terang Bupati adalah dengan memberikan stimulus kredit terutama di tingkat mikro. “ Dengan kredit tersebut masyarakat bisa melakukan perputaran ekonomi yang pada akhirnya meningkatkan daya beli,” ungkap Bupati. Untuk itu Bupati berkomitmen untuk memperkuat konsolidasi dengan pihak perbankan baik swasta maupun pemerintah agar pembiayaan kredit mikro bisa ditingkatkan.

Sementara itu guna merangsang investasi terus berkembang di Banyuwangi Bupati meminta agar masyarakat ikut menjaga stabilitas wilayah. “ Selain stabilitas keamanan saya juga meminta agar dalam upaya pembebasan lahan bagi investor tidak ada spekulan yang ikut bermain karena itu bisa membuat investor lari,” pinta Bupati. Saat ini, lanjut Bupati, iklim investasi di Banyuwangi tengah menggeliat. Selain beberapa perusahaan multinasional yang telah masuk seperti PT. Semen Gresik dan Semen Bosowa, sebentar lagi investor dengan skala besar akan masuk Banyuwangi di Wilayah Industri Wongsorejo. “ Insyaallah kedepan akan terbuka kesempatan kerja yang luas bagi masyarakat Banyuwangi,” kata Bupati.

Selain itu, dengan upaya terus merangsang pertumbuhan kredit mikro dan investasi, Bupati juga optimis pada Tahun 2013 prosentase penduduk yang berada diatas garis kemiskinan meningkat sebesar 84,1 persen dan Indeks Pembangunan Manusia sebesar (IPM) juga naik sebesar 70,2. “ Tentunya dibutuhkan kerja fokus dan kerja keras dari kita semua untuk mewujudkan hal ini,”  ucap Bupati.

Dalam Musrenbang yang diikuti oleh seluruh pemangku kepentingan yang ada di Banyuwangi tersebut Bupati tidak lupa mengajak partisipasi semua pihak dalam pembangunan Banyuwangi kedepan. “ Momen ini adalah kesempatan bagi kita semua untuk ikut terlibat dalam menentukan kemajuan pembangunan di Banyuwangi, untuk itu saya minta semua pihak bisa memberikan masukan terbaiknya di rapat ini,” ajak Bupati.

Acara yang digelar sebagai forum rapat penyusunan rencana kerja pembangunan Kabupaten Banyuwangi 2013 tersebut dihadiri oleh seluruh stakeholder di Banyuwangi. Diantaranya, unsur instansi pemerintah baik vertikal maupun horizontal, pihak swasta, tokoh agama dan masyarakat, LSM, Organisasi masyarakat dan Organisasi Wanita. (Humas Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :