Asosiasi Pengembang Sapi Perah Kanada Transfer Knowledge Ke Banyuwangi

Selasa, 20 Maret 2012


LICIN – Asosiasi Pengembangan Sapi Perah, Kanada (Canadian Livestock Genetics Association / CLGA) mengadakan tinjau lapang ke kecamatan Licin, Purwoharjo dan Glenmore, Senin, kemarin  (19/3). Dua orang anggota tim, Robert L Lang selaku Trade and Development Consultant dan Marty Philippi selaku International Business Development Manager, khusus berkunjung untuk meninjau ke tiga lokasi tersebut untuk   membuka wawasan peternak terkait manajemen perawatan sapi perah. Selain itu mereka juga akan share pengetahuan  tentang  pakan yang cocok, cara penyiapan pakan itu sendiri, dan bagaimana kondisi kandang yang sehat.

Menurut Lang, ketiga kawasan yang dikunjungi cukup bagus. Meski kecamatan Licin dan Glenmore adalah daerah yang dingin dan kecamatan Purwoharjo adalah daerah yang panas, tandas Lang, sama sekali tidak ada masalah. Karena sapi – sapi di Kanada tahan dengan suhu minus 8 derajat hingga diatas 42 derajat. Yang penting, lanjut Lang, adalah bagaimana menciptakan lingkungan yang baik, tempat yang nyaman dan makanan  yang baik bagi sapi. Sehingga susu yang dihasilkannya pun akan berkualitas baik.

Sementara itu Philippi yang juga ahli soal pakan ternak, tidak segan-segan menjelaskan pada para peternak bagaimana cara memotong pakan (hijauan) yang akan disajikan pada sapi. Baik Lang maupun Philippi bertekad akan memberikan pengetahuan yang benar kepada para  pengusaha peternakan, guru SMK dan para pemangku kebijakan di jajaran Pemerintah Kabupaten Banyuwangi  yang punya jurusan peternakan pada workshop yang akan diadakan hari ini, Selasa (20/3).(Humas & Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :