Tingkatkan Wawasan Kebangsaan Untuk Tokoh Organisasi Islam ,Bakesbangpol Gelar Sarasehan

Jumat, 4 Mei 2012


BANYUWANGI – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Banyuwangi kembali menggelar sarasehan  untuk para tokoh organisasi agama Islam se Banyuwangi, Kamis (3/5), di aula Bank Jatim. Acara yang bertemakan  “Fasilitasi Pencapaian Halaqoh dan Berbagai Forum Keagamaan Lainnya Dalam Upaya Peningkatan Wawasan Kebangsaan” ini diikuti oleh ratusan peserta. Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko turut hadir untuk membuka acara.

Dalam sambutan pembukanya, Wabup Yusuf menekankan perlunya memadukan kemajemukan bangsa Indonesia. Karena, ujar Wabup, bila dipadukan dengan baik akan meningkatkan energi pembangunan dan menjadi energi pemersatu bangsa. Tetapi bila kemajemukan ditelantarkan, akan berpotensi menjadi lahan subur bagi persemaian benih-benih prasangka sosial antar suku, agama ras dan antar golongan. “Karena itu hadirnya tokoh agama akan menjadi perekat bagi kemajemukan bangsa ini,” tutur Wabup.

Sementara itu, Kepala Bakesbangpol, Drs Wiyono, MH menambahkan maksud  dikumpulkannya para tokoh organisasi agama Islam adalah untuk menyatupadukan cara pandang, sikap, dan gerak langkah di kalangan organisasi kemasyarakatan. Terlebih lagi  ulama punya andil yang besar menjadi pemersatu bangsa.

Kegiatan ini juga diisi dengan pemberian materi dari beberapa nara sumber antara lain Kepala  Bakesbangpol, Rektor Universitas 17 Agustus Banyuwangi, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Turut hadir mendampingi Wabup, Asisten Pemerintahan, Asisten Administrasi Umum, staf ahli, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan  pejabat komponen Pemkab. (Humas & Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :