Wabup Sugirah Tinjau Rehab Rumah Terdampak Banjir di Desa Sumber Kencono Wongsorejo

Rabu, 9 Juni 2021


BANYUWANGI – Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah meninjau rumah hasil rehabilitasi di Dusun Krajan, Desa Sumber Kencono, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, Rabu (9/6/2021). Empat rumah yang telah selesai direhab tersebut sebelumnya rusak parah akibat banjir yang melanda Desa Sumberkencono pada 27 Februari 2021 lalu.

Wabup datang meninjau lokasi tersebut didampingi Camat Wongsorejo Sulistyowati dan Wakil Ketua Bidang Pendistribusian Zakat - Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Banyuwangi, Edi Saiful Anwar, serta kepala SKPD terkait.

“Terima kasih kepada Baznas yang turun langsung membantu warga, dan juga atas kepedulian warga. Inilah bentuk kolaborasi yang baik, apa yang tidak bisa dilakukan pemerintah, Baznas turun langsung mengatasinya. Kerjasama yang sinergis inilah yang membuat angka kemiskinan di Banyuwangi bisa ditekan,” kata Sugirah.

Sekedar diketahui, rumah-rumah tersebut rusak karena banjir yang diakibatkan meluapnya dua sungai, yakni Sungai Jambean dan Dam Lampit secara bersamaan setelah diguyur hujan deras pada 27 Februari 2021 malam.  

Dari 32 rumah yang terendam banjir, terdapat 4 rumah yang rusak parah. Yakni milik Aswawi (57), Ahmad Seini (35), Tosari Wijaya (25), dan Agustinus Kolo (43). Kini keempatnya mengaku lega bisa menempati rumahnya kembali dengan kondisi yang lebih baik.

”Waktu itu dari pihak desa, kecamatan dan Baznas mensurvei kerusakan rumah saya, dan kemudian beberapa hari kemudian memberitahu kalau rumah saya akan diperbaiki. Saya sangat terharu. Terima kasih banyak, sekarang saya sudah bisa kembali menempati rumah saya,” ujar Seini yang mengaku mengontrak selama tiga bulan hingga rumahnya selesai pengerjaannya.

Sugirah lalu menyemangati warga. “Alhamdulillah sudah bisa ditempati lagi. Walaupun tidak sebagus awal, namun tetap nyaman ditinggali,” kata Wabup Sugirah.

Sugirah menjelaskan bahwa pemkab juga melakukan sejumlah langkah antisipasi untuk menghindari banjir besar. Yakni normalisasi sungai dan perbaikan saluran primer di Desa Alasrejo yang bermuara ke pantai. “Harapan kami, dengan perbaikan bisa menghindari datangnya banjir seperti kemarin,” kata Sugirah.

Selain meninjau rehabilitasi rumah warga, Sugirah juga mengunjungi SDN 4 Bajulmati. Di sana, dia menyaksikan penyerahan bantuan untuk tiga siswa SD dari keluarga kurang mampu dari Baznas. Bantuan tersebut berupa tiga buah sepeda pancal.

“Banyuwangi terus mendorong kepedulian kepada siswa kurang mampu agar bisa menyelesaikan jenjang sekolahnya. Pemkab sendiri telah mendorong  gerakan Siswa Asuh Sebaya yang kini berkembang menjadi Sekolah Asuh Sekolah. Sebuah gerakan dimana siswa yang mampu menyisihkan dan mengumpulkan uang sakunya untuk diberikan dan dibelikan apa yang menjadi kebutuhan siswa kurang mampu. Bantuan dari Baznas yang rutin ini akan melengkapi program-program tersebut. Terima kasih Baznas,” kata Sugirah.

Wabup juga menyempat kan diri mengunjungi beberapa kegiatan di Wongsorejo. Seperti panen raya tembakau di Desa Sidowangi, pemasangan nama Tempat Pemakaman Umum (TPU) baru di Desa Sidodadi, dan meninjau vaksinasi di Balai Desa Wongsorejo. (*)

 

 



Berita Terkait

Bagikan Artikel :