Wabup Yusuf Buka Kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan Kwartir Ranting Banyuwangi

Kamis, 28 Februari 2019


BANYUWANGI – Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko membuka kegiatan Kursus pembina pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML)  Kwartir Ranting Banyuwangi kategori siaga dan penggalang, Kamis (28/2), di SDN 1 Model Banyuwangi. Sebanyak 55 pembina pramuka mengikuti acara yang diselenggarakan selama beberapa hari itu.

Wabup Yusuf mengatakan,  kursus  ini akan sangat bermanfaat bagi para pembina. “Tentunya kursus ini akan sangat berguna agar para pembina mampu mengangkat anak kita menjadi lebih baik,” kata Yusuf.

Yusuf  berharap semua peserta  bisa mengakses materi terutama terkait Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) RI no 63 tentang kepramukaan sebagai ekstra kurikuler wajib di sekolah.

Yusuf pun mengharapkan pramuka di Banyuwangi bisa berkembang lebih baik.”Di 2018 kemarin, pramuka di Banyuwangi sudah baik. Harapannya di 2019 akan semakin baik. Tentunya ini berkat kerja keras pelatih yang  giat melatih anak-anak kita,” harapnya.

Kursus untuk para pembina pramuka ini digelar dengan tujuan untuk membentuk jiwa pembina pramuka yang handal. Juga untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan potensi yang dimiliki pembina. Pemateri berasal dari Pramuka Kwartir Cabang dan Kwartir Ranting Banyuwangi.

Acara ini digelar dalam dua sesi. Sesi pertama yakni mulai 28 Februari – 2 Maret berupa materi kelas, dilanjutkan dengan kemah pada 7 – 9 Maret mendatang.

Dalam materi kelas, pembina untuk penggalang  akan mendalami lebih jauh tentang Anggaran Dasar/ Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), metode kepramukaan, dan leadership. Sementara untuk pembina penggalang tentang cara penilaian dan pengumpulan Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat Kecakapan Khusus (SKK), praktek upacara, dan praktek Lomba Tingkat I. (*)

 



Berita Terkait

Bagikan Artikel :