2007 Guru Di Banyuwangi Jalani Tes Uji Kompetensi

Sabtu, 25 Februari 2012


 

BANYUWANGI – Sebanyak 2007 orang guru di Banyuwangi menjalani tes Uji Kompetensi (UK), Sabtu (25/2). Tes UK untuk para guru mulai dari level TK, SD, SLTP dan SLTA tersebut berlangsung di empat sekolah yang berlokasi di dekat GOR (Gedung Olah Raga) Tawang Alun, yaitu SMK Banyuwangi, SMA 1 Glagah, SMA 1 Giri dan SMP 1 Glagah.

Drs Sulihtiyono, Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi mengatakan untuk mendapatkan sertifikasi, para guru harus memenuhi beberapa persyaratan. Kalau dulu cukup porto folio saja, maka sekarang ditambah dengan syarat lain. Yaitu harus mengikuti tes uji kompetensi. Bagi yang lulus, harus berangkat ke Universitas Jember (UNEJ) untuk menjalani PLPG ( Pendidikan dan Latihan Profesi Guru).

Menurut Sulihtiyono, dalam tes UK ini yang diujikan meliputi 4 hal, yaitu Pedagogi, Sosial, Akademik dan Kepribadian. “Jadi kedepannya menjadi guru itu tidak mudah. Walau sudah lulus sekolah kependidikan, mereka harus diuji dulu kompetensinya. Tentu saja tujuannya adalah untuk mendapatkan guru-guru profesional yang berkualitas, “tambahnya.

Tes UK ini berlangsung selama 2 jam, dari pukul 08.00 – 10.00 WIB. Total peserta UK tingkat nasional yang pelaksanaannya serentak ini mencapai 175 ribu orang. Namun nantinya yang diambil hanya 150 ribu orang. Sisanya yang tidak lulus harus menjalani tes UK kembali tahun depan. (Humas & Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :