Bangun Jalan Tembus, Fungsikan Kembali Terminal Wiroguno

Rabu, 25 Januari 2012


BANYUWANGI –  Bupati Abdullah Azwar Anas, kemarin (24/1) mengunjungi Desa Dasri Kecamatan Tegalsari untuk meninjau langsung jalan tembus menuju terminal Wiroguno Kecamatan Genteng. Jalan tembus tersebut akan membuka akses  jalan yang menghubungkan Kecamatan Tegalsari, Siliragung dan Pesanggaran.

Ditegaskan Bupati Anas, selain menjadi solusi pengurai kemacetan di jalan Kota Genteng, jalan tembus tersebut juga akan menunjang perekonomian warga Banyuwangi terutama dari arah selatan.“ Pembangunan ini akan bermanfaat bagi masyarakat dalam jangka panjang,” ujar Bupati.

Untuk itu Bupati meminta dukungan warga setempat dalam pembebasan lahan. Selain meninjau jalan, Bupati juga berencana memfungsikan kembali terminal Wiroguno yang sekian lama tidak terpakai, sekaligus memastikan sendiri kesiapan warga dalam rangka pembebasan lahan pembangunan jalan tembus tersebut.

Sementara itu, Kepala Desa Dasri, Juandi mengatakan untuk masalah pembebasan lahan, pihaknya telah melakukan pembicaraan dengan sepuluh warga yang rumahnya berada di tepi jalan tembus tersebut. "Warga telah bersedia untuk membebaskan lahannya. Bahkan warga menyambut baik rencana pembangunan jalan tembus.  Kemarin sudah kita kumpulkan dan mereka siap membebaskan,” papar Juandi. Juandi juga akan melakukan pertemuan dengan Kepala Desa Setail, Ahmad Zuhri terakit jalan tembus ini. Karena jalan tembus tersebut juga akan melalui rumah warga Setail. “ Jika dalam pertemuan nanti tidak ditemui kendala dengan warga Setail, berarti program ini bisa segera ditindak lanjuti,” kata Juandi.

Sebelumnya, kata Juandi, untuk membebaskan lahan  memang agak sulit, bahkan beberapa warga menaikkan harga tanahnya. Namun warga akhirnya menyadari manfat pembangunan jalan tembus tersebut. “ Bahkan warga ada yang mau menghibahkan tanahnya untuk pembangunan jalan,” ucap Juandi. (Humas dan Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :