Banyuwangi Berpotensi Angin Kencang

Kamis, 22 Maret 2012


BANYUWANGI – Kondisi  cuaca Banyuwangi hingga April mendatang masih akan diwarnai angin kencang. Kepala Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi, Atmaji Putro mengatakan, kecepatan angin akhir-akhir ini cukup kencang, yaitu mencapai 10 knot lebih. “Kami memprediksikan kondisi semacam ini akan berlangsung sampai April mendatang, disebabkan  tahun ini musim hujan mundur,” tuturnya  Rabu kemarin (21/3).

Selain angin kencang, perairan Banyuwangi juga akan mengalami peningkatan tinggi gelombang. Tinggi gelombang di perairan Banyuwangi Selatan diperkirakan meningkat sampai tiga meter lebih. Menurut Atmaji, gelombang di Selat Bali juga dipengaruhi oleh tingginya gelombang  di Laut Selatan, sehingga tinggi gelombang mencapai  di atas satu meter.

Atmaji menambahkan, tahun ini juga akan terjadi badai La Nina. Namun Atmaji mengatakan tidak perlu resah, karena badai tersebut berkategori ringan. “Pada saat musim kemarau sudah tiba, kok hujan masih tetap turun, maka saat itulah diprediksi La Nina akan datang,” terang Atmaji.

Pihak BMKG berharap masyarakat Banyuwangi tetap waspada dalam beraktifitas. Terutama yang beraktifitas di laut. “Penyeberangan Ketapang juga harus berhati-hati, dan cepat tanggap ketika cuaca mulai menunjukkan tanda-tanda tidak bersahabat,”ujarnya.

Sementara itu, hujan masih berpotensi turun di wilayah Banyuwangi. Diprediksi, hujan terjadi pada sore hingga malam. Namun hujan yang turun dalam kategori ringan, tidak terlalu deras tapi bisa berdurasi cukup lama.”Harus cukup waspada,”tandas Atmaji. (Jawa Pos)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :