Banyuwangi Keroyokan Kejar Target Vaksinasi

Rabu, 21 Juli 2021


Banyuwangi - Satgas COVID-19 Banyuwangi terus memasifkan pelaksanaan vaksinasi selama digelarnya PPKM Darurat. Banyak pihak "keroyokan" memasifkan pelaksanaan vaksinasi pada warga Banyuwangi.

Seperti yang dilakukan Markas Komando Daerah Militer (Makodim) 0825 Banyuwangi, Rabu (21/7/2021), dengan menggelar vaksinasi untuk masyarakat umum. 

Wakil Bupati Banyuwangi, Sugirah, mengatakan pelaksanaan vaksinasi selain dilakukan di 45 puskesmas se-Banyuwangi, juga sinergis melibatkan TNI/Polri beserta pihak-pihak lainnya. 

"Semua jajaran TNI/Polri maupun fasilitas kesehatan lainnya siap kerja gotong royong untuk pelaksanaan vaksinasi. Seperti yang dilakukan di Makodim saat ini. Ini untuk percepatan agar cakupan vaksinasi pada masyarakat Banyuwangi kian luas. Terima kasih atas dukungan luar biasa Kapolresta, Dandim, Danlanal, dan berbagai pihak lasinnya untuk program vaksinasi ini," kata Sugirah, yang memantau pelaksanaan vaksinasi di Makodim. 

"Selain di Makodim, sebelumnya Polresta juga telah menggelar vaksinasi untuk masyarakat," tambah Sugirah. 

Tiap hari di Makodim dilakukan vaksinasi terhadap sekitar 300 orang. Vaksinasi di Makodim ini dijadwalkan akan dilaksanakan hingga 24 Juli mendatang. Untuk tenaga vaksinatornya berasal dari tenaga kesehatan Kodim dan Puskesmas setempat. 

“Vaksin ini untuk menambah kekebalan tubuh dari paparan virus corona. Terima kasih, masyarakat Banyuwangi sudah mau mematuhi protokol kesehatan, sudah mau vaksin dengan teratur sehingga membantu program memutus mata rantai penyebaran covid-19,” kata Sugirah didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi Widji Lestariono dan Kepala Bakesbangpol Kabupaten Banyuwangi Abdul Aziz Hamidi. 

Sugirah mengingatkan kepada masyarakat yang antri mendapatkan panggilan vaksinasi untuk sabar dan tetap menjaga protokol kesehatan. 

Komandan Kodim 0825/Banyuwangi, Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, mengatakan, kegiatan serbuan vaksinasi ini merupakan program nasional yang harus dilaksanakan juga sesuai instruksi oleh Kodam V/Brawijaya yang diperuntukkan masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi.

“Vaksinasi COVID-19 sangatlah penting untuk nambah daya tahan tubuh atau sistem imun. Mari, sukseskan vaksinasi menuju Banyuwangi sehat,” tambahnya.

Selain di Makodim pelaksanaan vaksinasi juga serentak dilakukan di beberapa Koramil. Per hari ini total 710 melakukan vaksinasi. Di antaranya di Makodim 320 orang, Koramil 0825/08 Srono 100 orang, Koramil 0825/09 Tegaldlimo 150 orang, Koramil 0825/10 Bangorejo 100 dan Koramil 0825/11 Pesanggaran 40 orang.

“Vaksinasi ini juga kami gelar di beberapa wilayah. Masyarakat bisa bisa melakukan vaksinasi di tempat terdekat,” tambah Yuli.

Hingga 20 Juli 2021, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan, telah dilakukan vaksinasi covid 19 dosis 1 terhadap 407.619 warga Banyuwangi. (*)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :