Berlangsung Khidmat, Bupati Ipuk Kukuhkan Anggota Paskibraka Banyuwangi 2024

Kamis, 15 Agustus 2024


BANYUWANGI –  Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengukuhkan 75 pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) 2024 di Pendopo Sabha Swagatha Blambangan, Kamis malam (15/8/2024). Mereka akan bertugas pada upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, di Taman Blambangan, 17 Agustus 2024.

Pengukuhan Paskibraka dijalani oleh seluruh anggota Paskibraka yang telah melalui pemusatan pelatihan selama 15 hari, mulai pelatihan baris berbaris hingga penguatan karakter Pancasila.

"Pengukuhan ini bermakna mengukuhkan diri, mengukuheratkan niat untuk bersikap dan berperilaku sesuai Pancasila dalam kehidupan sehari hari," kata Bupati Ipuk.

Pengukuhan berlangsung dengan pembacaan 'Ikrar Putra Indonesia". Suasana khidmat begitu terasa dalam prosesi pengukuhan tersebut. Seluruh peserta tampak larut mengucapkan dan melakukan prosesi mencium bendera Merah Putih sembari diiringi lagu 'Padamu Negeri'.

“Selamat kepada seluruh Paskibraka yang telah dikukuhkan. Semoga Allah selalu memberikan kemudahan dan kesuksesan kepada kalian dalam menunaikan bhakti dan cinta kepada bangsa Indonesia. Selamat menjalankan tugas, dan semoga dilancarkan saat pelaksanaan upacara kemerdekaan,” kata Bupati Ipuk.

Ipuk berpesan agar semangat nasionalisme, patriotisme, dan jiwa kepemimpinan yang terbentuk selama masa penempaan tidak hanya berhenti pada momentum peringatan kemerdekaan saja, namun harus terus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu anggota Paskibraka Alan Herdiansyah Wibawa, mengaku bangga bisa terpilih sebagai anggota. Siswa SMAN 1 Gambiran ini tidak menyangka bisa lolos sebagai anggota Paskibraka daerah.

"Ini kebanggaan dan kebahagiaan bagi saya karena bisa mewujudkan cita cita sejak lama. Terutama juga bisa membanggakan orangtua," ujarnya.

Turut hadir dalam pengukuhan Paskibraka tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuwangi Mujiono, Dandim 0825 Letkol Joko Sukoyo, DPRD Banyuwangi Marifatul Kamilah, serta perwakilan dari Kejaksaan Negeri Banyuwangi, Polresta Banyuwangi, serta Lanal Banyuwangi. 

Dalam upacara yang akan digelar di RTH Taman Blambangan 17 Agustus esok, pada pagi hari petugas pengibar bendera terdiri atas  pembentang: Azdmal Dwi Rahmadani (SMAN 1 Giri Taruna Bangsa), pengibar Moh. Irvan Mirzha Ariyandi (SAMA PGRI Purwoharjo), pengerek adalah M. Dafi Salam (MA Nurul Huda Badean),  dan pemberi aba-aba adalah Anggun Prasasty (SMAN 1 Pesanggaran).  Dengan petugas pembawa baki bendera adalah Daril Miftahul Qonik (SMAN 1 Giri Taruna Bangsa) dan Nadia Rizky Pratidina (SMAN 2 Taruna Bhayangkara).

Di sore hari, petugas penurunan bendera terdiri atas pembentang bendera Raihan Miyzal Fernanda (SMAN 1 Srono), pengibar bendera Fahmi faruk (MAN 1 Banyuwangi), pengerek bendera Rajendra rafi Athaya (SMAN 1 Giri Taruna bangsa), dan pemberi aba-aba Raihan Arga Satria (SMAN 2 taruna Bhayangkara). Dan petugas pembawa baki bendera Syaqina Kurnia Desta (SMAN 1 Rogojampi) dan Azzahra Aurellia Fatiha (SMKN 1 Banyuwangi). (*)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :