Bupati Anas Resmikan Puskesmas Kedungwungu. Tegaldlimo

Senin, 25 Januari 2021


Banyuwangi – Pemkab Banyuwangi terus berupaya meningkatkan layanan kesehatan di masyarakat, salah satunya dengan melakukan pembenahan fasilitas puskesmas. Pembangunan puskesmas pun dilakukan dengan menonjolkan unsur estetika dengan mengangkat arsitektur lokal.

Salah satunya Puskesmas Kedungwungu di Kecamatan Tegaldlimo yang diresmikan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas pada Minggu (24/01/2021). Bangunan baru tersebut menerapkan arsitektur khas rumah Suku Using.

Bupati Anas mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur telah menjadi prioritas pemkab. Selain pembangunan jalan-jalan antar desa, pemkab juga terus membenahi fasilitas kesehatan yang bisa diakses warga desa. 

"Ini merupakan salah satu bentuk keseriusan pemerintah untuk meningkatkan derajat kesehatan warga. Karena kami meyakini fasilitas yang baik akan membuat orang menjadi lebih nyaman berobat," kata Anas. 

Anas juga mengungkapkan bahwa dengan arsitektur khas suku using ini sangat cocok untuk puskesmas, karena memiliki sirkulasi udara yang bagus. 

“Jadi selain meenuhi fungsi bangunannya, estetika bangunannya juga terpenuhi. Ini juga cara Banyuwangi menjaga dan melestarikan warisan arsitektur daerah yang khas,” jelas Anas.

Muhammad Soleh, Kepala Puskesmas Kedungwungu mengatakan, renovasi bangunan meliputi pembenahan ruang rawat jalan, poli gizi, ruang kesehatan ibu dan anak, klinik sanitasi, hingga ruang perawatan khusus penyakit menular. 

"Dengan bangunan yang baru ini, kami harap dapat memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang melakukan pengobatan di puskesman Kedungwungu," tambah Soleh. (*)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :