Bupati : Ingin Tingkatkan Hubungan Kerjasama Banyuwangi dan Bali

Kamis, 23 Februari 2012


DENPASAR Ini moment yang pas bagi pemkab Banyuwangi untuk bisa meningkatkan kerja sama dengan Provinsi Bali. Tepat saat menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar Ikawangi Dewata, di Gor Lila Bhuana, (19/2), Bupati Abdullah Azwar Anas menyampaikan hal di atas. Terutama kata Bupati Anas, kerjasama yang bisa meningkatkan pertumbuhan perekonomian bagi Kabupaten Banyuwangi.

Menurut Bupati Anas, mengapa kerja samanya harus ditingkatkan? Karena faktanya Banyuwangi menjadi pemasok berbagai kebutuhan hasil pertanian dan perkebunan bagi Bali. Selain itu, sebagian warga Banyuwangi juga ber kontribusi bagi geliat perekonomian di Pulau Dewata. Karena itulah Bupati Anas sangat berharap hubungan dengan Propinsi Bali terutama bisa meningkatkan kunjungan wisatawan yang masuk ke Banyuwangi. “ Mungkin setelah ini akan ada pengiriman wisatawan dari Bali ke Banyuwangi ,” gurau Bupati Anas yang ditujukan langsung pada Gubernur Bali, Made Mangku Pastika yang hadir khusus di acara tersebut. Lebih dalam Bupati juga meminta agar Gubernur Bali senantiasa menerima kehadiran warga Banyuwangi yang bermukim di Bali. “ Kalau ada yang tambeng saya harap Pak Gubernur mau membina, tapi saya yakin warga banyuwangi di Bali banyak yang baik,” ucap Bupati yang disambut tepuk tangan ratusan warga Banyuwangi yang hadir.

Sementara itu, Gubernur Made Pastika, menyambut baik ajakan Bupati Anas untuk meningkatkan hubungan kerjasama di atas. Made Pastika, mengakui kalau geliat perekonomian Bali juga dipengaruhi oleh aktivitas ekonomi warga perantauan termasuk yang berasa dari Banyuwangi. “ Kemajuan Banyuwangi sangat berarti bagi Bali,” ungkap Gubernur Mangku Pastika. Made Pastika juga meyakinkan Bupati Anas kalau masyarakat Banyuwangi selalu diterima di Bali dan telah menjadi bagian dari penduduk Bali. “ Daerah ini tempat mencari makan kita semua tapi kalau hari raya jangan pulang semua Bali jadi sepi,” tutur Gubernur.

Acara yang digelar Ikawangi Dewata juga terasa spesial karena dihadiri Budayawan Emha Ainun Nadjib beserta Kiai Kanjeng menghibur masyarakat sekaligus mengisi tausiyah. Sedangkan dari Banyuwangi, Bupati memboyong seluruh jajaran pemkab, mulai Sekkab Sukandi beserta Asisten hingga Kepala Dinas.(Humas dan Protokol)

 

 



Berita Terkait

Bagikan Artikel :