Kunjungi Warga Lereng Ijen, Bupati Tenangkan Warga

Selasa, 20 Desember 2011


BANYUWANGI -   Status Gunung Ijen yang dinaikkan menjadi  Siaga 3 mendapat perhatian serius dari Bupati Abdullah Azwar Anas. Secara khusus, Bupati didampingi Kepala BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah)dan beberapa jajaran Pemkab mendatangi perkampungan warga lereng Gunung Ijen, tepatnya di Dukuh Panggungsari, Dusun Jambu, Desa Tamansari, kecamatan Licin, Senin (19/12). Bupati menghimbau masyarakat untuk tenang dan terus melakukan komunikasi dengan aparat terkait.

Kedatangan Bupati tersebut, menurutnya, sengaja dilakukan untuk memberi informasi  yang benar kepada masyarakat mengenai kondisi gunung Ijen terkini. Bupati meminta masyarakat agar tidak khawatir dengan kondisi gunung Ijen yang terus naik statusnya. Karena, diterangkan Bupati, sejauh ini daerah yang mereka tempati tidak termasuk kawasan yang rawan bencana. Meskipun demikian warga tetap diminta untuk terus berkomunikasi dengan aparat desa dan  selalu berkoordinasi dengan posko pengamatan yang letaknya tidak jauh dari lokasi rumah warga.

Selain itu Bupati juga menyampaikan kalau kedatangannya untuk mempersiapkan skenario yang akan dilakukan oleh Pemkab jika terjadi bencana. Juga memastikan langkah-langkah apa yang akan diambil jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti menyiapkan tempat pengungsian dan berbagai keperluannya. “ Pemkab siap untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk,” ujar Bupati.

Sebelum bertemu dengan warga, Bupati menyempatkan diri datang ke Pos Pengamatan Gunung Ijen yang letaknya berdekatan dari pemukiman warga. Bupati mendapatkan penjelasan dari petugas mengenai kondisi gunung Ijen terkini. Menurut Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Kawah Ijen, Bambang Heri Purwanto, Gunung Ijen sempat mengalami 3 kali gempa vulkanik yang dirasakan sampai Paltuding, pada malam sebelumnya. “ Status Gunung Ijen masih Siaga 3 sampai saat ini,” ujarnya. Ia menambahkan kalau sampai saat ini, Kawasan Banyuwangi di lereng gunung Ijen, relatif masih aman. Karena menurut perkiraan, arah letusan Gunung Ijen lebih mengarah ke daerah Bondowoso. Namun demikian, masyarakat dihimbau untuk tetap waspada dan terus mengikuti perkembangan status gunung Ijen. (Humas dan Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :