Ratusan TKI Banyuwangi Mengikuti Pembekalan dan Sosialisasi KUR

Jumat, 21 Oktober 2011


BANYUWANGI – Ratusan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) se Kabupaten Banyuwangi, berkumpul di Hotel Baru Indah, Jajag Kamis (20/10). Kehadiran mereka untuk mengikuti pembekalan TKI dan sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR), yang diselenggarakan Bank BRI sebagai mitra kerja pemerintah dalam usaha mengentaskan kemiskinan. Menariknya, dalam acara di atas dibuka langsung Bupati Abdullah Azwar Anas. Dalam kesempatan tersebut Bupati yang didampingi Sekkab Sukandi beserta pejabat teras pemkab, menyatakan prihatin atas nasib TKI selama ini.

Melihat kondisi di atas, Bupati mengharapkan TKI asal Banyuwangi memiliki bekal yang cukup sebelum bekerja di luar negeri. “Saya tidak ingin nasib TKI Banyuwangi bernasib sama dengan TKI Jawa Barat yang teraniaya di negeri orang,” ujar Bupati. Untuk itu, terang Bupati, pemkab akan membangun Balai Latihan Kerja yang akan digunakan sebagai tempat pelatihan bagi para TKI sebelum di berangkatkan ke luar negeri. “ Lahannya Sudah kita siapkan seluas 10 hektar di daerah Jalan Brawijaya. Insyallah dalam waktu dekat akan segera kita bangun. BLK itu nanti juga bisa difungsikan sebagai tempat pelatihan pemuda yang belum memiliki pekerjaan,” kata Bupati.

Selain menyampaikan hal di atas, Bupati juga berpesan kepada TKI agar bisa menyisihkan penghasilannya khususnya untuk masa depan anak-anaknya. “Kalau bisa sebelum berangkat TKI membuka rekening tabungan khusus untuk pendidikan anak. Sehingga uangnya tidak habis untuk membeli barang-barang yang konsumtif yang biasa dibeli TKI”.

Hingga saat ini jumlah penerima Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Banyuwangi mencapai 13.281 orang, dan ini merupakan jumlah penerima KUR tertinggi di Indonesia dengan total kredit Rp.75 miliar. Prosentase kredit 1,32% sedangkan pada umumnya kredit macet berkisar 6%.

Acara sosialisasi tersebut juga dihadiri Perwakilan dari Kementrian Perekonomian, Departemen Tenaga Kerja, Bank Indonesia, dan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI). (Humas dan Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :