Bupati Targetkan Penyusunan DPA Selesai Sebelum TA 2011 Berakhir

Rabu, 28 Desember 2011


BANYUWANGI – Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2012 di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) menjadi ajang konsolidasi antara Bupati Abdullah Azwar Anas dengan segenap pimpinan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), Selasa (27/12).

Bupati mengatakan, pihaknya menargetkan penyusunan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) SKPD selesai sebelum tahun anggaran 2011 berakhir. Hal itu terkait maksimalisasi penyerapan anggaran APBD. Jika DPA SKPD selesai sesuai target, maka lelang bisa dilakukan awal 2012. Dan jika lelang bisa dilakukan di awal tahun anggaran, penyerapan anggaran bisa dimulai sesuai tahun anggaran pula. “Saya minta agar para pimpinan SKPD segera menyesuaikan dan menyelesaikan target itu sebelum deadline,” tegasnya. Selain itu Bupati juga memberikan ultimatum bagi pimpinan SKPD yang tidak sanggup melaksanakan sesuai target, agar mengajukan surat pernyataan tidak mampu mengemban tugas atau pengunduran diri.

Guna mendorong percepatan realisasi penyerapan, Bupati akan segera mendefinitifkan kepala SKPD yang masih berstatus Pelaksana Tugas (Plt) pada bulan Januari. Sementara itu bupati juga berjanji akan segera mengevaluasi kinerja pimpinan SKPD, yang pelaksanaannya didasarkan pada etos kerja tiap pimpinan SKPD. Tidak berhenti sampai disitu saja, bupati juga akan mengevaluasi para pejabat di eselon III setingkat kepala bidang (Kabid). “Saya sudah mengantongi data sejumlah kepala bidang yang etos kerjanya buruk dan tidak mampu melaksanakan tugas dengan baik. Bahkan di beberapa dinas ada kabid-kabid yang tidak berjalan sesuai tugas dan wewenangnya,”ungkap Bupati.”Karena kabidnya tidak jalan, otomatis tugas-tugas dinas tidak bisa berjalan dengan maksimal. Permasalahan semacam ini harus dicarikan solusi secepatnya,” tegas bupati lagi.

Namun berbeda dengan para pimpinan SKPD yang berhasil menunjukkan kinerja bagus, Bupati berjanji memberikan reward berupa promosi jabatan dan kenaikan pangkat.(Humas &Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :