Bupati Tekankan Pentingnya e- KTP, Pemkab Sosialisasikan KTP Elektronik

Kamis, 2 Februari 2012


BANYUWANGI- Guna memberikan rasa aman kepada penduduknya serta mencegah peluang adanya Kartu Tanda Penduduk (KTP) ganda dan KTP palsu, pemerintah mulai mensosialisasikan KTP Elektronik (e-KTP). Bertempat di Aula Minakjinggo, Kamis (2/1) dengan dihadiri Forum Pimpinan Daerah (FPD), Tim Dinas Kependudukan, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur, seluruh satker pemkab, praktisi pendidikan, Bupati Abdullah Azwar Anas membuka sosialisasi e- KTP.

Dalam arahanya saat membuka sosialisasi e-KTP, Bupati Anas menekankan pentingnya warga menggunakan KTP Elektronik. Karena, kata Bupati Anas, dengan KTP Elektronik keamanan publik bisa terjamin. Misalnya dalam mengisi data penduduk, tidak ditemui lagi manipulasi dokumen, termasuk menutup kemungkinan adanya KTP ganda di masyarakat. “Apalagi menjelang pemilukada paling rawan ada KTP ganda. Dengan e-KTP petugas akan semakin mudah,” gurau Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepedudukan dan Cacatan Sipil, Sudjani SH, mengatakan untuk penerapan e- KTP di Banyuwangi akan dimulai awal Maret 2012 ini, yang akan dilaksanakan dimasing-masing kecamatan yang telah siap dengan perangkat mobile yang dilengkapi aplikasi AFIS. Untuk pelaksanaanya kata Djani, sacara teknis petugas yang akan mencetak e- KTP sesuai data base yang telah diberikan masing-masing warga. Untuk pelaksanaanya, kata dia, nanti Penduduk yang telah diberi undangan sesuai data base akan mendatangi tempat pelayanan e- KTP mobile dengan menunjukkan surat undangn dan KTP lama. Selanjutnya petugas melakukan verivikasi data yang ada pada data base. Sementara opeator nantinya akan melakukan pereakaman, foto dan tanda tangan sidik jari penduduk. “Dengan sosialisasi ini pemkab berharap masyarakat mulai mengerti e- KTP. Dalam e-KTP ini,  Saat ini belum bisa dilakukan Kalau belum bisa nanti petugas di kecamatan akan didiklat cara pembuatan e-KTP ini,” tutu Djani.  (Humas dan Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :