Tingkatkan Mutu SDM, BKD Selenggarakan Diklat Manajemen Bendaharawan Puskesmas

Selasa, 28 Februari 2012


LICIN – Guna  memberikan bekal kepada para bendaharawan Puskesmas terkait  transparansi dan manajemen keuangan yang efektif serta kemampuan sumber daya publik yang mendukung, Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Banyuwangi menyelenggarakan Pendidikan dan Latihan Manajemen Bendaharawan Puskesmas tahun anggaran 2012, Senin (27/2).

Sebanyak 40 orang bendaharawan puskesmas se-Kabupaten Banyuwangi  mengikuti kegiatan tersebut di Gedung Diklat PNS kecamatan Licin selama 6 hari, terhitung sejak tanggal 27/2 – 3/3.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan , Ir Puji Raharjo,MM  yang mewakili Bupati Abdullah Azwar Anas, dalam sambutan pembukanya  mengatakan di era desentralisasi Puskesmas merupakan unit pelaksana teknis dinas (UPTD). Kriteria umum yang harus dimiliki diantaranya mempunyai rencana, program dan kegiatan pengembangan yang berkelanjutan dengan didukung tiga faktor yaitu sumber daya manusia (SDM), anggaran serta sarana dan prasarana kerja.”Karenanya berbagai upaya pengembangan SDM terus dilakukan secara terprogram, konsisten dan berkelanjutan seperti halnya diklat ini, sehingga segala tugas dapat dilaksanakan sebaik-baiknya tanpa perlu bersinggungan dengan ranah hukum,”tuturnya.”Kami berharap melalui diklat ini akan terjadi perbaikan Manajemen Puskesmas, dan kepada para bendahara teruslah berupaya mempertanggungjawabkan keuangan, terutama Jampersal, Jamkesmas, Jamkesda maupun dana lainnya,” tambahnya lagi.

Sementara itu, menurut Kepala BKD Banyuwangi, Drs Sih Wahyudi, peserta akan mendapatkan 10 materi, diantaranya building learning commitment, pencairan dana, pembukuan keuangan, perpajakan, dan lain-lain. Sedangkan Widya Iswara yang memberikan materi berasal dari Badan Diklat Propinsi Jawa Timur, BKD Keuangan wilayah IV Malang serta pejabat struktural di wilayah pemkab Banyuwangi.

Acara ini juga dihadiri wakil BKD Propinsi Jawa Timur, Dra Anis Masluchah, dan para Kepala Dinas di jajaran Pemkab Banyuwangi.(Humas & Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :