Dianggarkan 192 Miliar Rupiah, Kawasan Minapolitan Muncar Ditarget Rampung 2015

Jumat, 27 Januari 2012


Banyuwangi – Pembangunan kawasan minapolitan di kecamatan Muncar terus di galakkan, program minapolitan tersebut di target rampung pada tahun 2015. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Pemprov. Jawa Timur, Kardani saat bertemu Bupati Abdullah Azwar Anas di kantor Pemkab Banyuwangi, Kamis (26/1). untuk menyelesaikan program tersebut pihak Pemprov Jatim akan mereklamasi Pantai seluas 14 hektar (ha) pada tahun ini.

Selain itu, kata Kardani sekitar tahun 2009 lalu Pemprov jatim telah membangun berbagai fasilitas umum di pelabuhan dan tahun ini pembangunan fisik akan mulai dilakukan melanjutkan pengerjaan di tahun 2011. “ Reklamasi pantai seluas 14 hektar tersebut di peruntukkan sebagai lahan pembangunan pabrik es, galangan kapal nelayan dll. Kita hanya menyediakan lahan dan swasta boleh membangun disana, “ kata Kardani. Kardani juga meminta fasilitas pendukung yang ada disana untuk di perbaiki seperti halnya jalan akses kepelabuhan, fasilitas umum, dan Instalasi pembuangan limbah terpadu (IPAL). Dan hingga saat ini pembangunan kawasan minapolitan telah menyerap dana sekitar 92 miliar rupiah dari dana yang di sediakan sekitar 192 miliar rupiah.

Sementara itu, Bupati Abdullah Azwar Anas mengapresiasi dan mendukung penuh program tersebut dan pihaknya akan terus mengusulkan ke Menteri Pekerjaan Umum (PU) untuk perbaikan jalan akses pelabuhan Muncar. “ Jalan akses pelabuhan Muncar termasuk jalan nasional dan itu masuk APBN, jika daerah yang membangun maka akan ada pelanggaran. Untuk itu saya akan terus mengusulkan perbaikan ke pemerintah pusat, “ kata Bupati Anas.

Selain itu, kata Bupati, pelabuhan Muncar dalam waktu dekat ini akan menerima bantuan kapal tangkap ikan dengan kapasitas 16 ribu grosstonage . Diharapkan dengan bantuan tersebut produksi ikan di Muncar terus meningkat. (Humas & Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :