Difasilitasi LAN, Bupati Ipuk Ikuti Capacity Building Perkuat Layanan Publik Pasca Pandemi di Singapura

Selasa, 7 Maret 2023


Singapura - Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani ditunjuk mengikuti program Capacity Building RISING (Republik Indonesia-Singapura) yang diselenggarakan Civil Service College (CSC) Singapore dan Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, di Singapura, Senin-Jumat (6-10/03/2023). Program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kepala daerah dalam mewujudkan pelayanan publik yang prima pasca pandemi Covid-19.

“Saya bersyukur mendapatkan kesempatan berharga ini. Ini menjadi peluang bagi Banyuwangi untuk belajar sekaligus menjalin relasi internasional lebih luas lagi. Terima kasih LAN RI dan CSC yang telah memfasilitasi program ini,” ungkap Ipuk.

Sebagaimana diketahui, Singapura merupakan salah satu negara yang memiliki indeks pelayanan publik terbaik di Asia Tenggara. Sehingga sangat tepat untuk menjadi benchmark dalam mewujudkan pelayanan publik yang unggul.

“Saat ini, Banyuwangi sedang mengembangkan pelayanan publik berbasis digital melalui MPP Digital. Semoga nantinya ada hal yang bisa dikerjasamakan untuk memperkuat upaya kita ini,” harap Ipuk.

Dalam program yang diikuti oleh pimpinan daerah itu, Ipuk mendapatkan kesempatan khusus untuk mewakili rombongan mempresentasikan tentang inovasi daerah dalam upaya bangkit pasca pandemi.

“Kami paparkan inovasi yang kita bingkai dalam tagline Banyuwangi Rebound. Tangani pandemi, pulihkan ekonomi dan rajut harmoni. Tiga pilar inilah kunci sukses Banyuwangi keluar dari krisis pasca pandemi,” terang Ipuk.

Dalam kesempatan fellowship tersebut, para peserta akan mengikuti sejumlah workshop dan kunjungan lapangan. Di antaranya adalah mengikuti sesi panel yang dipaparkan oleh sejumlah kementerian di Singapura. Di antaranya adalah Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan, Kementerian Kebudayaan, Komunitas dan Pemuda, Kementerian Perdagangan dan Industri, Kementerian Keuangan dan sejumlah NGO dan pengusaha setempat.

Perlu diketahui, di antara kepala daerah yang mengikuti program fellowship antara lain Wakil Gubernur Bali, Walikota Padang Panjang, Makasar. Adapun para bupati terpilih selain Banyuwangi adalah Banyumas, Banggai, Tegal, Kendal dan Mamuju Tengah. (*)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :