Diikuti Berbagai Elemen Masyarakat, KPK Gelar Bimtek di Banyuwangi

Selasa, 14 Mei 2024


BANYUWANGI – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembinaan Peran Serta Masyarakat Dalam Membangun Masyarakat Bebas Korupsi di Banyuwangi, Selasa (14/5/2024).

Bimtek tersebut diikuti oleh 200 peserta yang berasal dari berbagai elemen masyarakat seperti ormas, organisasi kepemudaan, mahasiswa, hingga jajaran birorasi daerah. Turut Hadir Bupati Ipuk Fiestiandani, Ketua DPRD Banyuwangi I Made Cahyana Negara, Kapolresta Banyuwangi Kombespol Nanang Haryono, Ketua Pengadilan Negeri I Gede Yuliarta dan perwakilan Forkopimda Banyuwangi.

Plh. Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK RI, Johnson Ridwan Ginting mengatakan, Banyuwangi menjadi tuan rumah penyelenggaraan Bimtek KPK karena daerah ini dinilai memiliki potensi pembangunan yang besar. Maka Masyarakat perlu berperan serta secara aktif mengawal pembangunan daerah.

“Banyuwangi potensi pembangunannya besar, maka masyarakat bisa ikut berperan mengawal agar pembangunan dilakukan dengan jujur, adil, bermartabat, sehingga pembangunan akan memberikan manfaat besar bagi warga,” ujar Johnson.

Johnson mengatakan bahwa bimtek ini sebelumnya telah digelar di 28 daerah. Materi yang diberikan seputar pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang dampak korupsi, serta upaya apa saja yang perlu dilakukan untuk turut berperan serta mengawal pembangunan.

Sementara Bupati Ipuk menyampaikan apresiasi dan terima kasih pada KPK yang telah menyelenggarakan kegiatan bimtek di Banyuwangi. Ia berharap, kegiatan ini akan memberikan wawasan dan meningkatkan komitmen masyarakat untuk mengawal proses pembangunan daerah.

“Melalui Bimtek ini salah satu langkah nyata memberikan pengetahuan dan informasi yang tepat untuk turut memantau pembangunan di daerah,” ujar Ipuk. (*)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :