FEE Berlangsung Meriah

Senin, 6 Februari 2012


BANYUWANGI – Festival endhog-endhogan kembali digelar di Kabupaten Banyuwangi. Festival untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut berlangsung meriah, pada minggu kemarin (5/2). Selain diikuti oleh ratusan peserta tingkat SD dan SMP se Banyuwangi, acara tahunan itu juga mengundang ribuan orang untuk menyaksikan pawai tersebut. Festival dilepas secara langsung oleh Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas. Bupati mengajak seluruh peserta dan masyarakat yang mengikuti festival Endhog-endhogan memaknai kegiatan tersebut sebagai perayaan sukacita atas lahirnya nabi seluruh umat manusia, Rasulullah SAW.

“ Kegiatan ini bukan sekedar seremonial, namun kita harus memaknainya dengan merenungi kembali tujuan diutusnya Rasullullah SAW, dan meneladani ajarannya,” ungkap Bupati Anas. Bupati juga mengajak masyarakat untuk menggunakan momen FEE ini sebagai perekat persaudaraan sesama manusia, sesama bangsa dan sesama agama. “ Mari kita tunjukkan kembali jati diri dan ahklak bangsa yang mulia sebagaimana cermin dari ajaran nabi junjungan kita,” ajak Bupati Anas. Sementara itu, pawai FEE berlangsung semarak.

Peserta saling unjuk kreativitas dalam menampilkan hiasan telur maulid. Bahkan tidak itu saja, mereka juga menampilkan kostum yang berwarna-warni serta menampilkan tarian dan atraksi teatrikal. Salah satunya adalah pertunjukkan tarian kuntulan yang dibawakan dengan atraktif oleh murid-murid SD. Pada aksi teatrikal, kebanyakan peserta FEE mengambil tema penyerangan Ka’bah oleh pasukan gajah. Dalam aksi tersebut, para peserta mengusung miniatur Ka’bah lengkap dengan pasukan gajah yang diperankan oleh peserta. Tidak ketinggalan burung ababil yang berlarian menggambarkan membalas serangan pasukan gajah. Ada juga peserta yang menghias judang dengan paduan replika Al-Qur,an raksasa. Beberapa peserta juga tampak melambai-lambaikan telur hias yang diatasnya terpampang huruf-huruf hijaiyah.  (Humas dan Protokol)

                                                                           



Berita Terkait

Bagikan Artikel :