FPBI Banyuwangi, Siap Ajarkan Masyarakat Mandiri Menghadapi Bencana

Senin, 27 Februari 2012


 

BANYUWANGI - Dalam menanggulangi dan mengurangi resiko akibat bencana di Indonesia, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah membentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), salah satunya di Kabupaten Banyuwangi. Selain pembentukan badan penanggulangan bencana di setiap daerah, BNPB juga bermitra dengan Forum Peduli Bencana Indonesia (FPBI) yaitu organisasi sosial yang bergerak dalam bidang penanggulangan bencana. Bertempat di gedung Universitas Banyuwangi (UNIBA), 20 orang pengurus FPBI kabupaten Banyuwangi periode 2012 - 2016 di lantik secara resmi. Dalam pelantikan tersebut dihadiri langsung oleh ketua FPBI Pusat Harun Alrasyid, serta Plt BPBD Banyuwangi yang juga Asisten Pemerintahan Pemkab Banyuwangi Abdullah, Sabtu (25/2).

Ke 20 pengurus FPBI Banyuwangi tersebut bertindak sebagai ketua Zaenal Aris Masruchi, dilantik langsung oleh ketua FPBI wilayah timur, Hendro Wardono. Dalam sambutan perdananya ketua FPBI Banyuwangi, Zaenal Aris Masruchi, mengatakan FPBI Banyuwangi siap bekerja bersama Pemkab untuk memberikan pembelajaran persiapan dan tanggap bencana kepada masyarakat. “ Kami seluruh anggota FPBI Banyuwangi siap menjadi mitra Pemkab khususnya BPBD Banyuwangi, untuk memberi pencerahan pada masyarakat tentang pentingnya persiapan dan tanggap bencana pada saat ini, “ katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh ketua FPBI pusat, Harun Alrasyid, ia mengatakan masyarakat selama ini hanya bisa menunggu dan meminta bantuan dalam hal kesiapsiagaan kepada pemerintah, hal tersebut yang menyebabkan lambatnya penanganan bencana di Indonesia. “ Tugas kami yang utama mengajarkan masyarakat secara mandiri untuk mempersiapkan dalam hal penanggulangan dan sikap tanggap bencana, “ ujarnya. “ Melalui FPBI yang ada di daerah, kami berencana akan menyiapkan 5 kader FPBI di setiap desa ataupun kelurahan se Indonesia, “ imbuhnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan yang juga Plt BPBD Kabupaten Banyuwangi, Abdullah, mengapresiasi pembentukan FPBI di Kabupaten Banyuwangi sebagai mitra kerja BPBD. “ Ini merupakan tugas mulia, untuk itu  Pemkab Banyuwangi berharap banyak kepada para anggota FPBI Banyuwangi agar bisa membantu program pemerintah khususnya dalam hal kebencanaan, “ kata Abdullah. Acara tersebut juga dirangkai dengan seminar dengan tema “ Menyiapkan Masyarakat Mandiri Menghadapi Bencana”. (Humas Protokol)

 



Berita Terkait

Bagikan Artikel :