Siswa-Siswi Tarbiyatus Syiban Kunjungi Kantor Bupati

Selasa, 27 Desember 2011


BANYUWANGI – Ratusan siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tarbiyatus Syiban, Kecamatan Genteng, Selasa (27/12) mengunjungi kantor Pemkab Banyuwangi. Dengan mengendarai bus, mereka mengaku tengah mengikuti study tour ke beberapa dinas di Banyuwangi guna mengisi waktu liburan.

Mereka diterima Kepala Dinas Pendidikan, Drs Sulihtiyono,MPd, di Aula Rempeg Jogopati. Dalam paparannya, Koordinator rombongan Umi Habibah, menyatakan siswa – siswi yang duduk di kelas 4,5 dan 6 tersebut sengaja berkunjung ke kantor pemkab Banyuwangi, untuk melihat secara nyata kantor Bupati yang notanebe sebagai tempat dikendalikannya roda pemerintahan di Banyuwangi.

Sementara, Sulihtiyono menyambut baik kunjungan tersebut. Menurut Sulihtiyono,kunjungan ke lembaga pemerintahan adalah ide yang cerdas dan merupakan upaya yang luar biasa dari pihak sekolah. Upaya ini juga membantu pihak sekolah dalam menjelaskan secara langsung terkait pemerintahan kepada murid-muridnya, khususnya untuk mata pelajaran IPS.

Dikatakan Kadispendik ini, ilmu tidak hanya didapat dari sekolah, tapi juga dari tempat-tempat lain. Kunjungan pengenalan lingkungan seperti ke pemkab adalah salah satu contohnya. “Kegiatan pengenalan lingkungan (Broad-Based Education) semacam ini penting untuk para siswa. Serupa dengan di Amerika. Anak-anak sekolah diajak  berkunjung ke Gedung Putih untuk mengenal lebih dekat dimana Presidennya bekerja,” jelas Sulihtiyono.

Selanjutnya, agar siswa tidak hanya melihat kondisi kantor mereka juga diberi kesempatan untuk berdialog. Empat orang siswa mengajukan pertanyaan yang luar biasa kepada Sulihtiyono. Diantaranya, Ilman Dani menanyakan kegiatan apa saja yang dilakukan pemerintah Banyuwangi dalam menyambut Harjaba tahun 2011?Lalu,  ada Putri Nur Kholilah, menanyakan apakah di Banyuwangi sudah menerapkan otonomi daerah? Jika sudah apa contoh penerapannya? Semua pertanyaan dijawab Kadispendik dengan seksama.

Usai kunjungan ke kantor Pemkab, para siswa akan melanjutkan kunjungannya ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) untuk melihat secara langsung museum yang ada disana. Setelah itu mereka akan melihat koleksi buku-buku di Perpustakaan Daerah. Study Tour diakhiri dengan kunjungan ke kantor Redaksi Radar Banyuwangi untuk mengetahui pembuatan koran (Humas & Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :