Hadiri Wisuda Mabadiul Ihsan, Bupati Banyuwangi Dorong Para Lulusan untuk Kejar Cita-Cita

Minggu, 4 Juni 2023


Banyuwangi - Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menghadiri wisuda sejumlah lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Mabadiul Ihsan, Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi, Minggu (4/6/2023). Ia mendorong para lulusan tersebut terus mengejar cita-citanya.

“Ini (wisuda) bukan finish. Tapi, start yang baru untuk menapaki tahap-tahap berikutnya. Perlu kerja keras lagi untuk bisa meraih cita-cita yang kalian inginkan,” ungkap Ipuk.

Ipuk meminta mereka jangan berkecil hati untuk bisa meraih cita-cita. Ada banyak jalan untuk bisa mewujudkannya. “Di antaranya adalah lanjutkan pendidikan kalian setinggi-tingginya. Itu pintu utama guna mewujudkan impian kalian,” ujarnya.

Di Kabupaten Banyuwangi sendiri, imbuh Ipuk, ada berbagai program beasiswa yang dapat dimanfaatkan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi. Di antaranya adalah Program Banyuwangi Cerdas (PBC) untuk beasiswa bagi pendidikan tinggi. Juga ada berbagai program untuk yang menempuh pendidikan dasar di tingkat SD hingga SMA.

“Jika kalian mengalami kesulitan biaya sekolah atau ada di antara teman dan tetangga kalian, segera laporkan kepada kami. Tak ada alasan anak Banyuwangi tidak bisa sekolah,” tegas Ipuk.

Dalam kesempatan wisuda tersebut, juga diisi motivasi oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas. Ia menekankan para santri untuk terus meningkatkan kompetensinya di tengah kemajuan dunia yang semakin terdigitalisasi.

“Saya yakin para santri mampu bersaing di tingkat global. Tinggal terus memacu semangat untuk belajar lebih keras lagi,” pesannya.

Sementara itu, pengasuh Pesantren Mabadiul Ihsan, KH. Masykur menegaskan, bahwa di lembaganya tersebut berupaya untuk mewujudkan pendidikan yang berimbang antara konten keagamaan maupun umumnya. “Kami ingin mewujudkan kader-kader penerus bangsa yang tidak hanya pintar, tapi juga harus beriman dan berakhlakul karimah,” ungkapnya.

Wisuda itu sendiri diikuti oleh lima lembaga pendidikan formal di bawah Yayasan Mabadiul Ihsan. Di antaranya adalah SMP Plus Cordova yang merupakan angkatan kelima. Kemudian MTs Mabadiul Ihsan, SMA Plus Cordova, SMK Cordova dan MA Mabadiul Ihsan yang kesemuanya masih angkatan pertama.

“Total keseluruhan mencapai 292 wisudawan dari beberapa lembaga tersebut. Kami optimis untuk terus mengembangkan lembaga pendidikan yang ada dalan mewujudkan para lulusan yang berkualitas,” pungkas perwakilan yayasan Mabadiul Ihsan, Ahmad Hidayat. (*)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :