Kantor Pemkab Banyuwangi Kembali Jadi Jujugan Wisata Edukasi

Rabu, 17 Januari 2018


BANYUWANGI – Kantor Pemkab Banyuwangi kembali menjadi tempat jujugan wisata edukasi anak-anak sekolah. Seperti yang terlihat Rabu (17/1), ratusan anak-anak dari TK Al- Ikhsan Genteng, mengunjungi kantor pemkab untuk wisata edukasi.

Sebanyak 140 anak dengan didampingi orang tua dan guru-guru ini datang ke kantor Bupati Banyuwangi ini dengan menggunakan tiga bus. Anak-anak polos ini terlihat bungah saat tiba di halaman kantor pemkab. Mereka pun langsung dibawa berkeliling ke beberapa tempat di dalam kantor pemkab. Mulai dari ruang lobby bupati, ruang kerja, ruang rapat Rempeg Jogopati, ruangan Sekretaris Daerah hingga ke lounge pelayanan publik.

Para siswa berseragam biru ini terlihat senang dan kagum setiap melihat yang ditunjukkan sejumlah tempat di kantor pemkab. Salah satunya, di lounge pelayanan publik.  Lounge ini difungsikan untuk menerima semua tamu pemerintah daerah, baik itu tamu Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Kabupaten, maupun tamu dari setiap kantor bagian yang ada di lingkungan Sekretariat Daerah.

Di dalam ruang lounge tersebut telah disediakan enam layar komputer besar yang tersambung dengan internet. Di dalamnya terdapat berbagai data seputar kinerja SKPD maupun laporan APBD juga bisa diakses dengan mudah oleh setiap tamu. Di lounge ini juga disediakan kudapan khas Banyuwangi yang disajikan secara self service. Yakni bebas menikmati minuman dan makanan ringan khas Banyuwangi yang disediakan dengan mengambil sendiri.

Meski tidak begitu paham dengan sejumlah perangkat elektronik di lounge pelayanan publik namun mereka tampak menikmati wisata edukasi ini. “Anak-anak sangat puas, mereka senanng sekali bisa mengunjungi kantor pemkab. Sayangnya tidak betemu langsung dengan Bupati. Kalau bisa ketemu pasti akan lebih senang,” kata Kepala TK Al-Ikhsan, Yumina Marhaini.

Dikatakan Yumina, wisata edukasi ini dilakukan dalam setiap tahunnya. Ada bermacam-macam instansi yang selalu menjadi lokasi wisata. Mulai Markas Polisi Resort (Mapelres), hingga Pangkalan TNI Angkatan Laut (TNI AL). Namun saat ini, dipilihkan di kantor Bupati. Hal itu dimaksudkan untuk mengenalkan kepada anak-anak tentang pusat pemerintahan. Mulai gedung,  kantor bupati, hingga apa saja yang ada di dalam kantor pemkab.

“Ini akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi anak-anak. Memori ke depannya nanti akan selalu ingat kalau mereka pernah bermain di kantor Bupati,” kata Yumina.

Puas berkeliling gedung pemerintahan, anak-anak yang didampingi orang tuanya ini juga bermain di kolam yang berada di tengah-tengah gedung kantor pemkab. Mereka asyik bermain dan berselfie dengan latar belakang kantor pemkab. “Asyik ya, foto-foto disini seperti bukan di kantor pemerintah. Karena bagus sekali,” puji salah satu wali murid.(*)  



Berita Terkait

Bagikan Artikel :