Kemedikbud Gelar Program Peningkatan Kualitas Mengajar Guru PAUD di Banyuwangi

Selasa, 5 Maret 2024


Banyuwangi – Kementrian Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek (Kemdikbud Ristek) menilai Banyuwangi sebagai daerah yang sudah menerapkan dengan baik Kurikulum Merdeka (IKM) di tingkat PAUD. Atas apresiasinya, Kemdikbud menggelar pelatihan peningkatan kualitas pembelajaran PAUD yang diikuti 60 guru PAUD di Banyuwangi. 

Pelatihan bertajuk Program Kemitraan Pendidik PAUD Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Banyuwangi ini digelar selama tiga hari, 29 Februari – 2 Maret 2024.  Direktur Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kemendikbud Santi Ambarukmi, Ketua Tim Kerja Kemitraan dan Pemberdayaan Komunitas Direktorat Guru Paud dan Dikmas Kemendikbud Eko Budi Harto hadir dalam pelatihan tersebut. 

Di program tersebut para guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mendapatkan materi tentang implementasi kurikulum merdeka, pengembangan anak usia dini holistik integratif hingga transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.

“Semoga pelatihan ini berdampak siginifikan pada kualitas pembelajaran PAUD di Banyuwangi,”ujar Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Selasa (5/3/2024).

Bupati Ipuk mengatakan, peningkatan kualitas pembelajaran bagi guru PAUD sangat penting karena akan berdampak pada proses dan cara guru mengajar anak didiknya di sekolah. Terlebih usia siswa PAUD yang berada di rentang balita hingga kanak-kanak awal cukup membutuhkan perhatian khusus.

“Di masa ini anak-anak berada dalam fase tumbuh kembang baik sosial, emosional hingga membangun kemampuan dasar. Maka guru membutuhkan cara mengajar yang tepat dan menyenangkan agar kemampuan anak tersebut bisa tumbuh maksimal,”papar Ipuk.

Sementara itu Direktur Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kemendikbud Santi Ambarukmi mengatakan, program ini sengaja dilaksanakan di Banyuwangi karena merupakan salah satu daerah yang sudah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka (IKM) dengan baik untuk tingkat PAUD.

“Kami melihatnya berdasarkan data. Ada yang pelaksanaannya sudah advance dan ada yang masih perlu ditingkatkan. Makanya program ini kami bawa kesini untuk memaksimalkan pelaksanaan IKM di Banyuwangi,”ujar Santi.

Sebelumnya, para peserta telah mengikuti masa orientasi dan pembelajaran selama 10 hari. Mereka mendapatkan penguatan materi tentang implementasi kurukulum merdeka, pengembangan anak usia dini holistik integratif dan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.

“60 guru itu terdiri atas 10 PAUD pembelajar dan 5 PAUD mitra. PAUD Mitra merupakan sekolah yang sudah lebih advance sehingga menjadi lokasi belajar dan sharing guru PAUD pembelajar. Namun pada dasarnya semua sekolah saling berbagi pengalaman mengajar terbaik,” kata Ketua Tim Kerja Kemitraan dan Pemberdayaan Komunitas Direktorat Guru Paud dan Dikmas Kemendikbud Eko Budi Harto. (*)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :