Kemensos Puji TMP Wisma Raga Satria, Bahkan Siap Kucurkan Dana Bantuan TMP

Kamis, 2 Februari 2012


BANYUWANGI – Meski ada sebagian kecil masyarakat yang mengkritisi pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) di pusat Kota Gandrung, justru pemerintah pusat memberi perhatian khusus RTH di Banyuwangi. Hal itu terbukti dengan datangnya utusan dari Kementrian Sosial (Kemensos) RI, kemarin (1/1)  yang datang  mengunjungi Taman Makam Pahlawan (TMP) Wisma Raga Satria guna memberikan apresiasi atas inovasi penataan TMP.

Kepada Humas dan Protokol pemkab, Kepala Sub Bidang Kepahlawanan, Keperintisan dan Kesejahteraan Sosial, Dirjen Dayasosial, Kementerian Sosial RI, Ganjar Basuki menyatakan TMP Banyuwangi dinilai sebagai salah satu TMP terbaik di Indonesia. “Saya melihat daerah-daerah lain kurang memperhatikan pembangunan TMP, justru pembangunan fisik lain yang dibangun tapi di Banyuwangi sungguh baik sekali,” ujarnya sambil mengamati bangunan TMP.

Lebih dalam Ginanjar menyampaikan, apresiasi kepada pemkab atas ide kreatif dan inovasi atas renovasi TMP. Karena, tidak semua pemerintah daerah memiliki kepedulian terhadap TMP. Dengan menata taman dan makam pahlawan dianggap cukup bagus dan layak mendapat penghargaan. Bahkan, Ganjar  juga mengaku telah berkeliling Indonesia, hasilnya tidak seperti di Banyuwangi. “Saya lihat Bupati Banyuwangi memiliki kepedulian untuk menata TMP agar lebih baik.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap pembangunan TMP, Ke depan kata Ganajar, pemerintah pusat telah memiliki program untuk memperdayakan TMP di seluruh Indonesia. Khusus untuk Banyuwangi Kemensos siap mengucurkan dana gunarenovasi lanjutan TMP. Sayangnya Ganjar belum mau menyebutan besar nilai bantuan. Karena menurut Ganjar, bantuan yang akan dikucurkan itu tergantung kondisi yang dibutuhkan daerah dan menyesuaikan dana yang ada di Kemensos yang tentunya akan survei dulu.

Selain memuji, Ganjar juga memberikan ide untuk renovasi lanjutan. Diakui Ganjar, Menurut Ganjar, Selama ini, TMP hanya sebagai simbol makam pahlawan yang sudah meninggal. Karenanya, untuk lebih mempercantik wajah TMP, perlu ditata ulang  tugu pahlawan dan pavingnya. “Tugu dan paving sudah waktunya direnovasi biar tambah cantik,” urainya. (Humas dan Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :