Kerjasama Pengembangan Pariwisata dan Pelayanan Publik, Pemkab SIGI MoU dengan Banyuwangi

Rabu, 28 Februari 2024


Banyuwangi – Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapatta menjalin kerjasama program-program llpembangunan dengan Pemkab Banyuwangi. Harapannya, dengan kerjasama ini mampu meningkatkan kinerja pemerintahan daerah kedua belah pihak. 

Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan memorandum of Understanding (MoU) antara Bupati Sigi dengan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, di Kantor Bupati Banyuwangi, pada Selasa (27/2/2024). Momen ini turut dihadari jajaran Pemkab SIGI mulai Asisten, Kepala  OPD dan s Camat.

Pemkab Sigi, Sulawesi Tengah tertarik melakukan kerja sama program kerja dan pelayanan publik yang dilakukan Pemkab Banyuwangi. Mulai program pariwisata, pemanfaatan teknologi lewat Smart Kampung, hingga implementasi sistem pemerintahan berbasis elektronik.

“Kami membawa sebanyak 80 orang kesini sebagai bentuk keseriusan sekaligus ingin belajar langsung tentang berbagai program yang dijalankan oleh Banyuwangi. Terima kasih atas kesediaan Banyuwangi untuk bekerjasama dengan kami,” ujar Bupati Irwan Lapatta.

Irwan mengatakan, Kabupaten SIGI merupakan daerah pemekaran yang saat ini baru berusia 15 tahun. Masih banyak hal yang harus dipelajari untuk terus memajukan daerah. Banyuwangi sendiri dipilih olehnya untuk tempat belajar karena Banyuwangi merupakan salah satu daerah terbaik yang telah banyak menuai prestasi.

“Kami datang ke sini karena banyak best practise untuk diterapkan di Sigi. Salah satunya adalah pengembangan pariwisatanya, karena daerah kami memiliki kultur dan bentang alam yang mirip dengan Banyuwangi,” kata Irwan.

“Kami juga tertarik dengan progrqm pengembangan desa lewat Smart Kampung sebagai payung untuk mengintegrasikan program penanganan kemiskinan,” imbuhnya.

Sementara itu Bupati Ipuk Fiestiandani menyambut baik kedatangan Bupati Sigi dan jajarannya.

"Semoga kerjasama ini membawa kebaikan dan kebermanfaatan bagi dua daerah ini. Kerjasama ini juga menjadi momen bagi kami untuk belajar hal baru dari Pemkab Sigi. Karena kami yakin setiap daerah memiliki keungulannya masing-masing,” ujar Bupati Ipuk. (*)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :