Lebih Dekat Dengan Para Seniman, Pemkab Adakan Silaturahim

Rabu, 14 Desember 2011


BANYUWANGI – Seni dan budaya memegang peran penting dalam membangun kepribadian sebuah bangsa. Selain itu seni dan budaya juga turut berperan dalam membentuk karakter masyarakat. Betapa pentingnya peran seni dan budaya tersebut membuat Pemerintah Kabupaten Banyuwangi  ingin menjalin silaturahim lebih dekat dengan para seniman dan budayawan, karena merekalah yang menjadi ujung tombak penyebaran seni dan budaya. Keinginan itu diwujudkan dengan pertemuan yang digelar Pemkab dan  para seniman serta budayawan, di aula wahana wisata Alam Indah lestari, Rogojampi, Rabu (14/12). Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup), Yusuf Widiatmoko dan jajaran Forum Komunikasi Daerah serta seniman, penyanyi, musisi, produser dan  budayawan se Kabupaten Banyuwangi.

Disampaikan oleh Wakil Bupati Yusuf Widiatmoko, para pekerja seni dan budaya merupakan publik figur yang sikap dan perilakunya sering menjadi perhatian bahkan dijadikan panutan oeh masyarakat. Karenanya, Waki Bupati berharap seniman tidak hanya mementingkan aspek komersial semata tapi juga berpikir dan bertindak  untuk kepentingan yang jauh lebih besar yaitu turut meningkatkan kesadaran masyarakat akan nilai-nilai luhur budaya bangsa. “ Agar masyarakat tidak hanya disuguhi tontonan, namun juga tuntunan yang mendidik,” ujar  Wabup.

Sementara itu salah satu penyanyi Banyuwangi senior Sumiati, mengungkapkan keharuannya atas pertemuan yang digelar oleh Pemkab tersebut. Menurut Sumiati baru periode Bupati kali ini, diselenggarakan  pertemuan antara pemerintah daerah dengan para seniman dan artis lokal. “ Bagi kami ini adalah bentuk perhatian pemerintah daerah bagi para seniman Banyuwangi,” ujar Sumiati dengan haru.  Sumiati juga berpesan kepada para seniman dan penyanyi Banyuwangi terutama generasi muda untuk ikut berperan memberi teladan yang baik bagi masyarakat. “ Salah satu caranya dengan berpenampilan sopan dan berperilaku baik karena disadari atau tidak kita ini dilihat dan ditiru oleh masyarakat,” cetus Sumiati.

Selain Sumiati, penyanyi Banyuwangi  Rozi Abdillah juga sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Pemkab tersebut. Menurut Rozi acara ini bisa menjadi wadah untuk menampung aspirasi bagi para seniman serta menyamakan persepsi antara Pemkab dan seniman. “ Dengan begini kita bisa saling berkomunikasi, kita jadi tahu apa keinginan Pemkab terhadap seniman begitu juga sebaliknya,” ujar Rozi. Rozi berharap kegiatan semacam ini dapat terus dilaksanakan di waktu mendatang. (Humas dan Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :