Mahasiswa Vokasi LP3I Banyuwangi, Belajar Pelayanan Publik Pemkab Banyuwangi

Selasa, 3 April 2018


BANYUWANGI – Puluhan mahasiswa pendidikan vokasi LP3I (Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia) Banyuwangi menimba ilmu tata cara melakukan pelayanan di lounge pelayanan publik pemkab Banyuwangi. Mereka yang tergabung sebagai mahasiswa program study Manajemen Perkantoran dan Manajemen Bisnis ini  antusias belajar bagaimana mengelola pelayanan publik pemerintah.

Diterima langsung Kepala Bagian (Kabag) Umum, Henik Setyorini bersama Kabag Humas Pemkab Banyuwangi, Djuang Pribadi Selasa (3/4) 20 mahasiswa dari program Manajemen Perkantoran dan Manajemen Bisnis ini  tampak antusias melihat lounge milik pemkab ini. Mereka langsung melihat layar komputer yang ada di lounge pelayanan publik. Tak menyempatkan kesempatan yang ada, mereka juga langsung menanyakan sejumlah aplikasi yang ada di komputer tersebut. Mereka pun juga menanyakan bagaimana cara melayani publik di lounge tersebut. Mulai dari cara menerima tamu, cara memberikan penjelasan kepada publik tentang berbagai layanan yang bisa diakses secara online hingga bertanya tentang program inovasi pemerintah Banyuwangi.

Branch Manager LP3I Kabupaten Banyuwangi, M Khoharrudin, menyampaikan, tujuannya mengajak mahasiswanya ini untuk penerapan serta pengaplikasian sari ilmu yang didapat di bangku kuliah dengan prakteknya di lapangan. “Itulah alasan kami pagi ini mengunjungi lounge pelayanan publik,agar bisa langsung tahu cara melayani publik dengan baik,” kata dia.

Kunjungan ini kata dia, sebagai tahap awal untuk pelaksanaan program rutin yang dibuat lembaganya. Yakni program Visit Goverment LP3I Banyuwangi. Sebuah program belajar mengadopsi ilmu dengan mengunjungi instansi pemerintah.  Program ini nanti, tidak hanya sekedar melihat sejumlah pelayanan publik tapi akan menelusuri ke beberapa SKPD yang mendalami setiap program dan inovasi pemerintah daerah.

Tujuanya untuk mengaplikasikan ilmu dari kampus. Seperti, manajemen pemerintahan, konsep pengelolaan keuangan daerah dan membuat inovasi untuk memajukan daerah. “Ilmu-ilmu itu nanti, akan kami jadikan benchmarking di kampus kami,” katanya.

Kepala Bagian Humas Pemkab Banyuwangi, Djuang Pribadi, menambahkan, fasilitas lounge tersebut difungsikan untuk menerima semua tamu pemerintah daerah, baik itu tamu Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Kabupaten, maupun tamu dari setiap kantor bagian yang ada di lingkungan Sekretariat Daerah. “Kami ingin semua tamu yang datang ke Pemda mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan ramah,” kata Djuang.

Lounge ini juga merupakan salah satu upaya untuk membudayakan transparansi di lingkungan Pemkab. Fasilitas didalam lounge juga cukup membuat kerasan. Ruangan nyaman yang ber AC dengan banyak kursi empuk untuk menampung sampai 60 orang sekaligus. “Kursi-kursinya ditata dengan melingkar agar bisa juga dipakai untuk rapat kecil,” ujar Djuang.

Dan yang paling menarik disediakan makanan ringan dan minuman hangat bagi semua tamu dengan gratis. “Semua tamu bisa mengambil sendiri makanan dan minuman yang tersedia atau bisa juga minta tolong petugas,” pungkas Djuang. (*)

 



Berita Terkait

Bagikan Artikel :