Malam Ini, Gus Baha Bakal Ngaji Bareng Warga Banyuwangi secara Virtual

Rabu, 23 Juni 2021


BANYUWANGI - KH Ahmad Bahaudin Nursalim (Gus Baha) dijadwalkan mengisi kajian “Smart Santri” Banyuwangi pada Rabu malam (23/6/2021). Acara yang diikuti oleh santri, warga, hingga ASN itu digelar secara virtual, disiarkan langsung melalui Youtube Kabupaten Banyuwangi. 

"Alhamdulillah, warga Banyuwangi sangat bahagia, Gus Baha berkenan mengisi Smart Santri secara virtual," ungkap Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Rabu pagi (23/6/2021).

Ipuk menjelaskan, Gus Baha tak datang secara langsung ke Banyuwangi. Pengasuh Pesantren Tahfidzul Qur'an LP3IA, Rembang itu, akan mengisinya secara virtual.

“Untuk itu, saya imbau kepada masyarakat Banyuwangi untuk mengikuti pengajian Smart Santri ini secara virtual. Tidak benar bahwa Gus Baha akan mengisi dari pendopo Banyuwangi, beliau mengisi dari Rembang secara virtual," terang Ipuk.

Gus Baha memang saat ini menjadi salah seorang yang paling digemari ceramah-ceramahnya di dunia maya. Video ceramahnya yang diproduksi oleh akun “Santri Gayeng” telah ditonton oleh jutaan orang. Ceramahnya yang sarat dengan khazanah keilmuan. Pembawaanny yang sederhana, santai. dan sering kali diselipi humor penuh hikmah telah menarik hati umat.

Gus Baha dikenal sebagai ahli kajian al-Quran serta memiliki penguasaan yang cukup luas terhadap khazanah klasik dan kontemporer kajian keislaman. Selain tafsir al-Quran, juga ahli di bidang hadits, fiqih, bahasa hingga Sirah. Tak ayal, materi yang disampaikannya pun berbobot.

Kiai alumnus Pesantren Al-Anwar Rembang ini juga dipercaya sebagai salah satu Dewan Tafsir Nasional yang tak memiliki gelar formal. Para anggota lainnya rerata adalah para pakar Al-Quran dengan titel profesor. Di antaranya adalah Prof. Dr. Quraisy Syihab. 

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra Kabupaten Banyuwangi HM. Lukman yang menjadi penanggungjawab acara tersebut, menyebutkan acara akan digelar secara live (langsung) melalui akun YouTube Banyuwangi Kab. "Silakan lihat di YouTube Banyuwangi Kab. Acara akan digelar sejak pukul 18.00 WIB," terangnya.

Acara Smart Santri sendiri merupakan acara reguler yang dihelat setiap dua pekan sekali. Acara ini digagas untuk menjadi ajang belajar agama bagi para warga Banyuwangi pada umumnya secara virtual. Deretan kiai yang mengisi Smart Santri antara lain KH. Zainulloh Marwan, KH. Ali Ali Hasan Syadili, KH Zulkarnain, KH. Kholilurrahman, dan sejumlah kiai lainnya. (*)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :