Nobar Timnas di Pendopo, Pemkab Banyuwangi Gratiskan Makan dan Minum dari Pedagang

Senin, 29 April 2024


BANYUWANGI - Pemkab Banyuwangi menggelar nonton bareng (nobar) semifinal Piala Asia U-23, antara Timnas Indonesia U23 Indonesia melawan Uzbekistan, di depan Pendapa Sabha Swagatha Banyuwangi, Senin (29/4/2024) malam. 

Tak hanya menyediakan layar LED berukuran besar, Pemkab juga menyiapkan makanan dan minuman yang dijajakan oleh pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Pendopo secara gratis. Beberapa menu dari pedagang seperti sate, bakso, mie ayam, tahu lontong, nasi tempong, jagung bakar, dan minuman seperti angsle, teh, jus, dan menu lainnya. 

Setidaknya ada 50-an pedagang yang disubsidi oleh Pemkab Banyuwangi untuk meramaikan acara nobar Timnas U-23 di depan Pendapa. Para pedagang tersebut merupakan penjual makanan dan minuman yang selama ini berdagang di sekitar area pendop, RTH Sritanjung, dan Pasar Banyuwangi.

Masyarakat yang hadir untuk nobar mendukung Timnas Indonesia, bisa memesan makanaan dan minuman secara cuma-cuma kepada sejumlah pedagang yang ada di sekitar lokasi nobar.

"Sambil menyaksikan jalanya pertandingan, masyarakat bisa nyamil makanan dan minuman dari para pedagang," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani. 

Ipuk mengatakan, subsidi kepada para pedagang itu dilakukan selain untuk memeriahkan acara nobar, juga untuk memberdayakan UMKM di sekitar lokasi. Dengan demikian tak hanya warga yang menonton acara nobar, para pedagang juga mendapat hasil kegiatan tersebut.

"Sistemnya kita subsidi. Terserah nanti pedagang menyesuaikan menjadi berapa porsi," tambah Ipuk. 

Untuk subsidi pedagang minuman dan makanan berbeda nilainya. Rata-rata antara Rp 300 ribu sampai Rp 500 ribu untuk setiap pedagang.

Nurul Imam, penjual kopi brand Asyifa, yang turut berjualan di lokasi mengaku senang dilibatkan dalam nobar. Imam yang merupakan teman netra mengaku ikut berbangga Timnas bisa masuk semifinal laga AFC U-23 ini. 

"Alhamdulillah saya bisa ikut mendukung Timnas Garuda dengan cara ini. Kopi hitam ini saya persembahkan untuk kemenangan Timnas. Semoga menang," ucapnya dengan bangga. (*)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :