Pameran Produk Unggulan UMKM, Memotivasi Pengusaha di Banyuwangi Menghadapi Pasar Bebas

Jumat, 16 Desember 2011


Banyuwangi – Motivasi serta semangat yang diberikan kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah terus dilakukan oleh Pemkab Banyuwangi. Selain dalam bentuk dana untuk pengembangan usaha Pemkab juga memberikan bantuan pemasaran hasil produk usaha, dalam bentuk pameran produk unggulan UMKM Banyuwangi. Pameran ini berlangsung mulai 14 – 18 Desember 2011, bertempat di sekeliling jalan taman Blambangan. Sekitar 50 pengusaha asli Banyuwangi memasarkan produk mereka pada pameran yang juga sebagai kegiatan rangkaian Hari Jadi Banyuwangi (Harjaba) ke 240.

“ Produk yang kita pamerkan hanya produk buatan putra daerah, jadi kita jamin semua khas Banyuwangi, “ kata Malakin, koordinator pameran yang juga Kepala Bank Jatim Banyuwangi. Selain itu kata Malakin kegiatan ini juga sebagai wahana hiburan dan wisata belanja keluarga di moment Hari Jadi Banyuwangi. “ Selain sebagai tempat hiburan, kita juga bisa mengajarkan kepada anak kita untuk cinta produk dalam negeri khususnya produk daerah, “ kata Malakin di akhir sambutannya.

Kegiatan pameran produk unggulan UMKM tersebut dibuka oleh Bupati Abdullah Azwar Anas. Dalam sambutannya Bupati mengharapkan mendekati era perdagangan bebas para pengusaha di Banyuwangi tidak hanya berpangku tangan menunggu bantuan dari pemerintah ataupun pihak lain. “ Perdagangan pasar bebas sudah di depan mata dan semua produk luar negeri bebas di perjual belikan, untuk itu saya harapkan para pelaku usaha di Banyuwangi tidak manja ataupun berpangku tangan saja, “ Kata Bupati Azwar Anas.

Di akhir sambutannya Bupati menghimbau kepada seluruh masyarakat Banyuwangi untuk mencintai produk dalam negeri khususnya produk daerah. “ Sekarang ini banyak produk luar yang menyerupai produk lokal namun harganya lebih murah, dan itu mengancam perekonomian Banyuwangi ,” ujar Bupati Anas. “ Di Hari Jadi Banyuwangi ini saya menginstruksikan para PNS untuk menggunakan batik dan udeng (ikat kepala khas Banyuwangi), dengan kebijakan ini semoga masyarakat bisa cinta produk lokal, “ harap Bupati di akhir sambutannya. Diakhir acara Bupati beserta rombongan meninjau pameran sekaligus berdialog dengan  produsen.

Salah satu pengerajin batik yang memasarkan produknya pada pameran produk unggulan UMKM, Indah mengatakan dengan adanya pameran ini para pelaku usaha tidak perlu susah payah memasarkan kepada masyarakat. “ Kami berterima kasih kepada Pemkab dan pihak penyelenggara dengan adanya pameran ini bisa membantu memasarkan produk kami dan menumbuhkan rasa cinta produk lokal kepada masyarakat yang efeknya sangat menguntungkan kami, “ katanya. (Humas dan Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :